Stadion Kebun Bunga Dibongkar, Ini Fasilitas yang akan Dibangun

Dispora Medan sebut lapangan sepak bola akan dipercantik

Medan, IDN Times- Stadion Kebun Bunga, tempat yang sejak dulu dikenal sebagai markas PSMS Medan kini nyaris rata dengan tanah. Alat-alat berat milik Pemko Medan pada Senin (27/3/2023) terlihat bergerak menghancurkan bangunan-bangunan  berupa mess, musala, hingga kantor. Lapangan juga sudah dibongkar.

Stadion bersejarah yang jadi tempat lahirnya para pemain-pemain besar asal Medan ini dijanjikan akan berganti wajah dalam program revitalisasi yang direncanakan Pemko Medan. 

Kadispora Medan, Pulungan Harahap mengatakan stadion akan direvitalisasi menjadi lebih baik. Lapangan sepak bola akan dibuat dengan fasilitas yang lebih modern.

"Lapangan ada, dan akan kita percantik dan ukurannya ditambah sesuai standar nasional. Kita akan pakai rumput bermuda. Selain itu juga lampu sehingga bisa lebih layak dipakai malam hari," kata Pulungan. 

1. Di Kebun Bunga akan dibangun GOR Mini berkapasitas 1.000 penonton

Stadion Kebun Bunga Dibongkar, Ini Fasilitas yang akan DibangunStadion Kebun Bunga Medan kini sudah dibongkar dan akan direvitalisasi (Dok.Istimewa)

Nantinya Kebun Bunga akan dibangun dengan konsep ruang terbuka hijau. Artinya selain lapangan sepak bola, juga ada taman dan fasilitas olahraga untuk masyarakat seperti jogging track, skateboard, hingga lapangan portable. Sementara lapangan tenis juga dipertahankan. 

"Dan yang paling penting nanti kita akan punya GOR Mini di areal Stadion Kebun Bunga berkapasitas 1.000 orang. Jadi di dalam itu juga ada nanti semacam lapangan futsal dan portable," ucapnya.

Baca Juga: [Klasik] Memori Liga 1997/98, Kompetisi Dihentikan saat PSMS di Puncak

2. Akan ada galeri untuk mengenang para pahlawan olahraga asal Medan

Stadion Kebun Bunga Dibongkar, Ini Fasilitas yang akan DibangunLapangan Kebun Bunga (IDN Times/Hasudungan)

Selain itu pihaknya merencanakan ada galeri untuk mengenang atlet-atlet asal Medan yang pernah membesarkan PSMS atau olahraga kota ini. 

"Jadi nanti rencananya ada galeri mengenang para atlet atau pemain-pemain Medan dan Sumut. Misalnya gambar Egy Maulana dan pemain-pemain lainnya yang pernah berjasa," kata Pulungan.

3. Tahap-tahap revitalisasi Kebun Bunga

Stadion Kebun Bunga Dibongkar, Ini Fasilitas yang akan DibangunStadion Kebun Bunga kini dibongkar dan akan direvitalisasi (Dok.Istimewa)

Menurut Pulungan, saat proses revitalisasi dikerjakan di bawah pengawasan Dinas Perumahan dan Pemukiman (Perkim) Kota Medan. Saat ini dalam proses lelang bongkaran selama 14 hari.

"Anggarannya di Perkim, bukan di kita (Dispora) dan itu multi years pengerjaannya. Setelah peresmian nanti, baru kita yang mengelola," ujar Pulungan.

Revitalisasi katanya menggunakan dana corporate social responsibility (CSR) dari pihak swasta. Untuk estimasi dana tersebut, Pulungan menyampaikan sebesar Rp5,7 miliar. Tapi bukan untuk Kebun Bunga sendiri.

Melainkan juga untuk tiga lapangan lainnya yakni Lapangan Cadika, Lapangan Gajah Mada Jalan Bilal dan Stadion Teladan. 

Baca Juga: Polemik Hasil RUPS PSMS, Penjelasan Notaris Soal Tudingan Akta Palsu

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya