Si Kembar Akhiri Paceklik 12 Tahun Emas Pencak Silat di PON

Sumut raih 2 emas pencak silat

Deli Serdang, IDN Times- Sumatra Utara terus menambah medali emas di Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 Aceh-Sumatra Utara. Kali ini dari cabor pencak silat yang langsung menyumbang 2 emas hari pertama, di Arena 1 GOR Veteran Disporasu, Medan, Kamis (12/9/2024) petang,

Emas perdana dipersembahkan si kembar Farhan-Fakhri dari kategori seni (artistik) kelas ganda putra. Si Kembar mengalahkan Zaen Nurdin dan Oki Oktafian (Jabar).

Emas ini mengakhiri penantian 12 tahun penantian Sumut dari cabor pencak silat.

1. Unggul 20 angka

Si Kembar Akhiri Paceklik 12 Tahun Emas Pencak Silat di PONFarhan-Fakhri meraih emas pencak silat PON 2024, Kamis (12/9/2024) (dok.istimewa)

Farhan-Fakhri sukses meraih emas dengan total 9.945 poin, unggul 20 angka dari wakil Jabar tersebut (9.925 poin).

Sementara satu emas lainnya, Sumut berhasil menambah satu emas lagi dari kelas beregu putri lewat trio Ghausya Syafanah Syifa, Siti Nur Saadah, dan Siti Nur Aina. Di final trio Sumut ini mengalahkan trio asal Jabar.

 

2. Target emas dari ganda putra tercapai

Si Kembar Akhiri Paceklik 12 Tahun Emas Pencak Silat di PONFarhan-Fakhri meraih emas pencak silat PON 2024, Kamis (12/9/2024) (dok.istimewa)

Hal itu disambut haru Ketua Umum (Ketum) Pengprov Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Sumut, Dahliana.

"Alhamdulillah, harapan kita untuk meraih emas dari ganda putra akhirnya tercapai. Semoga ini menjadi keran awal untuk emas-emas kita yang lainnya," kata Dahliana.

Sementara Farhan-Fakhri juga tak menyangka mereka berdua bisa meraih emas perdana untuk Sumut di cabor ini. Kedua pesilat berusia 27 tahun ini mengaku mempersembahkan emas ini untuk semua pihak dan masyarakat Sumatera Utara.

"Pastinya gak menyangka (raih emas perdana untuk Sumut). Alhamdulillah ternyata kami berdua bisa meraih hasil maksimal di pertandingan final tadi," ucap Farhan singkat.

3. Terakhir kali pencak silat raih emas pada 2012

Si Kembar Akhiri Paceklik 12 Tahun Emas Pencak Silat di PONFarhan-Fakhri meraih emas pencak silat PON 2024, Kamis (12/9/2024) (dok.istimewa)

Sementara Ketua Umum (Ketum) KONI Sumut, Jhon Ismadi Lubis juga bersukacita menyambut emas pencak silat. Terakhir kali diraih tahun 2012.

"Tentunya kita sangat apresiasi hasil hari ini karena kita (Sumut) terakhir kali meraih emas di pencak silat di PON 2012 Riau. Setelah itu kita tak pernah dapat emas lagi. Luar biasa lagi hari ini kita langsung dapat dua emas," kata John.

Pencak silat berpeluang menambah medali emas setelah empat pesilat Sumut maju ke final di berbagai kelas di kategori tarung pada hari terakhir, Jumat (13/9/2024) esok.

"Saya yakin Pencak Silat kita bisa meraih target mereka 4 emas, syukur-syukur bisa lebih lagi. Setelah saya lihat lagi permainan anak-anak tadi, anak-anak Sumut sangat harmonis. Saya mau empat-empatnya di final besok dapat emas," pungkasnya.

Baca Juga: PON 2024, Sumut Koleksi 4 Emas dari Dance Sport

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya