Semi Final Putra Siang Ini, Kaltim Vs NTT Jadi Derby 2 Pelatih Bandung

Jatim dan Banten juga siap berebut tiket final

Medan, IDN Times- Semi final futsal putra Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 diprediksi menyajikan pertarungan sengit di Gor Futsal Dispora Sumut, Sabtu (5/7/2024). Kalimantan Timur akan berebut tiket final dengan Nusa Tenggara Timur. Di laga lainnya Jawa Timur bersua Banten. Seperti apa kekuatan keempat tim?

Pelatih Kaltim Panca Pauzi menilai empat tim semi finalis adalah kekuatan terbaik dari fase grup. Termasuk NTT.

"Semi final kebetulan lawan NTT< empat tim ini terbaik dari grup. Kita mewaspadai tim ini. Kita belajar dari pertandingan-pertandingan sebelumnya berusaha sekuat tenaga untuk bisa ke final," kata Panca.

 

1. Duel sesama pelatih pengalaman

Semi Final Putra Siang Ini, Kaltim Vs NTT Jadi Derby 2 Pelatih BandungPelatih Kaltim Panca Pauzi dan Pelatih NTT Julinur Hafid (dok.media futsal PON)

Apalagi Kaltim sejauh ini cukup superior di fase grup. Kaltim meraih empat kemenangan dan satu hasil imbang di penyisihan. Menjadikan mereka juara grup B dengan 13 poin. Diawali dengan menekuk Lampung 2-1, mengalahkan Papua Pegunungan 6-2, Sulsel 3-0, Aceh 5-2, dan imbang 0-0 dengan Banten.

Menariknya pertarungan Kaltim versus NTT akan jadi pertarungan pelatih. Panca Pauzi dan Julinur Hafid adalah dua pelatih asal Jawa Barat yang sama-sama

"Dia (Julinur) meniti karier bareng dengan saya. Pemain saya juga dulunya. Saya pikir ini pertandingan derby pelatih. Ini hal yang menarik bagi saya. Kita sering uji coba, ini pertandingan skala even nasional. Mudah-mudahan yang saya harapkan di semi final ini. Semua berjalan secara fair, wasit. Saya apresiasi sekarang luar biasa. Kita jaga integritas," kata Julinur Hafid.

Sementara Pelatih NTT Julinur Hafid juga siap beradu taktik dengan salah satu gurunya itu. "Dia pelatih spesialis PON. Kaltim pelatihnya sangat pengalaman sekali. Dari awal main futsal sudah bareng beliau. Saya juga banyak belajar dari beliau. Kaltim unbeaten. Kita bakal kasih kejutan," kata Julinur.

2. NTT tak menyangka melangkah jauh

Semi Final Putra Siang Ini, Kaltim Vs NTT Jadi Derby 2 Pelatih BandungPelatih Kaltim Panca Pauzi dan Pelatih NTT Julinur Hafid (dok.media futsal PON)

NTT lolos dengan dramatis setelah menyingkir Sumut lewat agresivitas gol. NTT meraih dua kemenangan, sekali imbang dan sekali kalah. NTT mengawali dengan menumbangkan Jatim 6-4, kemudian dibantai DKI Jakarta 3-7, ditahan Sumut 3-3 serta menang 10-4 atas Sulawesi Barat.

"NTT sendiri gak nyanka bisa lolos ke semifinal. Kami awalnya hampir gagal berangkat. Gak ada di benak saya, kita melangkah sejauh ini. Karena ini semi final, kita akan kasih yang terbaiklah. Kita akan all out menghadapi Kaltim," katanya.

3. Jawa Timur antisipasi kejutan Banten

Semi Final Putra Siang Ini, Kaltim Vs NTT Jadi Derby 2 Pelatih BandungPelatih Banten Fauzan Syafii (dok.media futsal PON)

DI laga lainnya duel Jawa Timur dan Banten diprediksi tak kalah sengit. Jatim sudah siap untuk meladeni Banten.

"Tim Jatim sudah siap menghadapi pertandingan besok. Terus untuk overall, teman-teman akan berjuang mati-matian untuk masuk ke final Banten ini sudah bikin kejutan. Kami benar-benar harus waspada menghadapi mereka. Peluang kita juga sama-sama lolos ke final. Kami akan memberikan yang terbaik," kata Asisten Pelatih Jatim.

Jatim lolos sebagai juara grup A dengan 9 poin. Sebelumnya mereka sempat kalah 4-6 dari NTT di laga awal. Kemudian mengalahkan DKI Jakarta 1-0, Sulbar 4-1 dan Sumut 2-1.

Sementara itu dari kubu Banten, Pelatih Fauzan Syafii juga mengatakan siap membuat kejutan. Menurutnya Jatim adalah satu satu favorit juara.

"Dari Insyallah sudah siap. Sebelumnya di awal Banten bakal buat kejutan kembali. Kekuatan Jawa Timur, sebelumnya masuk favorit ke semi final. Insya Allah Banten siap menghadapinya," kata Fauzan.

Banten lolos dengan koleksi 13 poin. Banten awalnya mengalahkan Sulsel 2-1, Lampung 2-1, Aceh 5-2, Papua Pegunungan 3-1 dan imbang tanpa gol versus Kaltim.

Jadwal semi final putra

13.00 Jatim vs Banten

15.00 Kaltim vs NTT

Baca Juga: Semi Final Futsal Putri PON 2024: Sumut Nothing To Lose Lawan Jabar

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya