Profil Dara Latifah, Atlet Sepeda Sumut yang Raih 2 Emas SEA Games

Dara raih emas nomor tim dan individu

Medan, IDN Times- Atlet asal Sumatra Utara, Dara Latifah bikin bangga. Dara berhasil memersembahkan 2 medali emas untuk Indonesia dari cabang olahraga balap sepeda gunung di SEA Games Kamboja 2023, Senin (8/5/2023). 

Teranyar Dara meraih catatan waktu nomor Women's Mountain Bike Eliminator. Itulah medali emas ke-20 untuk Indonesia dan juga keempat untuk cabor sepeda. 

Wagub Sumut Musa Rajekshah memberi ucapan selamat untuk Dara di akun instagram resminya.

"Selamat untuk Dara Latifah, atlet balap sepeda asal Sumatera Utara yang baru saja meraih medali emas di Sea Games 2023 Kamboja cabang Women's Mountain Bike Eliminator. Mari bersama juga kita doakan atlet-atlet Sumut lainnya yang bertanding di Sea Games agar mampu meraih prestasi," kata Ijeck.

1. Sebelumnya Dara meraih emas dari nomor Cross Country Relay bersama tim

Profil Dara Latifah, Atlet Sepeda Sumut yang Raih 2 Emas SEA GamesGantasan Bike Park berada di kaki Gunung Ijen merupakan sirkuit balap sepeda yang dikenal penuh rintangan. (Dok. Humas Pemkab Banyuwangi)

Di final, Dara mengalahkan pembalap Filipina, Ariana Thea Patrice, dan dua pembalap Thailand Warinthorn Phetpraphan dan Vipavee Deekaballes.

Ini bahkan jadi medali emas kedua bagi Dara Latifah di SEA Games. Sebelumnya diraihnya lewat tim bersama Zaenal Fanani, Feri Yudoyono, dan Sayu Bella Sukma Dewi di nomor Cross Country Relay (XCR) Campuran di Phnom Kulen Siem Reap, Kamboja, Minggu (7/5/2023). Total balap sepeda mempersembahkan empat medali emas.

2. Aktif bersepeda sejak 2017

Profil Dara Latifah, Atlet Sepeda Sumut yang Raih 2 Emas SEA GamesDara Latifah atlet sepeda Sumut (instagram/unimedofficial)

Dara adalah atlet kelahiran Medan, 18 April 2023. Dia mulai menekuni balap sepeda pada tahun 2017. Saat itu dia masih duduk di bangku SMP. 

Dara bergabung dengan klub sepeda RBC Medan. Kemudian pindah ke Wikawiki. Dia bermain BMX Cross.

3. Raih berbagai prestasi dan sempat dilarang orangtua

Profil Dara Latifah, Atlet Sepeda Sumut yang Raih 2 Emas SEA GamesDara Latifah, atlet balap sepeda gunung Indonesia asal Sumut (unimed.ac.id)

Kemudian Dara semakin serius. Mahasiswi Unimed ini mulai mengikuti berbagai even. Prestasi pun datang silih berganti.

Sejak 2018 dia menjuarai even MTB di Langsa, kemudian kejuaraan Enduro di Padang dan Batam tahun 2019, runner up BMX Internasional Banyuwangi 2019, Kejuaraan Enduro di Malaysia 2019, MTB XCO di Kaldera Bikepark Danau Toba 2021 hingga Enduro di ICF national champhionship tahun 2021. 

Dara sempat mendapat larangan dari orangtua. Karena olahraga ini terilang ekstrem. Namun dengan prestasinya Dara berhasil meyakinkan orangtuanya. Apalagi semakin mantap saat dia dipanggil pelatnas. SEA Games jadi debut bagi Dara Latifah. Dan hasilnya luar biasa, dua emas ditorehkannya.

Baca Juga: Kun Bokator Sumbang Emas bagi Indonesia di SEA Games 2023

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya