Presiden APRC Kagum dengan Reli di Sumut dan Keindahan Kaldera Toba

Vicky tinjau kesiapan Sumut untuk APRC seri penutup 

Medan, IDN Times- Presiden Federation Internationale de I'Automobile (FIA) Asia Pasific Rally Championship (APRC) Vicky Chandhok. Ia turut hadir di Danau Toba untuk memantau langsung gelaran APRC Asia Cup. 

Vicky mengatakan pertama kali datang dan takjub melihat keindahan Kaldera Toba Nomadic Escape, Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba yang jadi tempat ceremonial start.

“Saya pertama kali datang ke sini (Kaldera Toba Nomadic Escape-red), semuanya semakin baik dan saya pikir ini vanue yang luar biasa untuk penyelenggaraan WRC mendatang. Pemandangan fantastis, sangat indah,” ujar Vicky didampingi FIA Chief Steward Wayne Scott, Jumat (22/9/2023). 

1. Vicky bertindak sebagai observer FIA memuji banyaknya pabrikan mobil yang terlibat

Presiden APRC Kagum dengan Reli di Sumut dan Keindahan Kaldera TobaPembukaan APRC Asia Cup dan Kejurnas Rally putaran 3 di Kaldera Toba, Jumat (22/9/2023) (Dok.Media Ijeck)

Vicky Chandhok yang juga observer FIA menilai kesiapan panitia dalam menyelenggarakan kejuraan reli di Danau Toba semakin baik. “Saya menilai crew dalam mempersiapkan segala hal semakin baik dari sebelumnya,” ujarnya.

Ia juga mengapresiasi karena setiap tahun semakin ramai pabrikan yang ikut terlibat, menandai kembali bergairahnya dunia reli di Indonesia. “Ada mobil baru tiap tahun yang ikut. Saya harap panitia terus semangat karena semakin banyak pabrikan yang ikut seperti Skoda, Ford, Suzuki, Mitsubishi, Toyota, Honda dan lainnya,” ujarnya.

Baca Juga: 42 Pereli Ramaikan APRC Asia Cup dan Kejurnas Danau Toba Rally Seri 3

2. Rute-rute dilengkapi fasilitas yang menunjang

Presiden APRC Kagum dengan Reli di Sumut dan Keindahan Kaldera TobaPembukaan APRC Asia Cup dan Kejurnas Rally putaran 3 di Kaldera Toba, Jumat (22/9/2023) (Dok.Media Ijeck)

Vicky mengatakan, rute-rute juga sudah dilengkapi fasilitas yang memadai. Seperti radio points. Selain itu juga safety yang bagus, sehingga komunikasi yang baik melalui radio maupun manual tracking.

Sementara Dewan Pembina IMI Sumut Musa Rajekshah mengatakan kegiatan sengaja dibuka di Kaldera untuk memperkenalkan Geopark Kaldera Toba yang merupakan anggota UNESCO Global Geopark.

“APRC Asia Cup ini sengaja kami buat opening ceremonynya di Kaldera Toba Nomadic Escape karena menawarkan view Danau Toba yang begitu indah, banyak peserta reli selama ini datang ke Parapat tapi banyak yang belum mengetahui Kaldera ini, semoga setelah ini semakin banyak yang mengetahui lokasi ini, datang berkunjung dan kita harap juga datang investor-investor baru untuk pengembangan Danau Toba ini lebih baik lagi,” kata Musa Rajekshah.

3. Harun Mustafa mengatakan Sumut juga memersiapkan diri untuk APRC grand final November mendatang

Presiden APRC Kagum dengan Reli di Sumut dan Keindahan Kaldera TobaKetua IMI Sumut Harun Mustafa Nasution didampingi Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah (Dok. IDN Times)

Ketua IMI Sumut Harun Mustafa Nasution mengatakan, Sumut juga memersiapkan diri untuk APRC seri penutup atau grand final di November mendatang. Kesuksesan ini juga akan menjadi kunci kesuksesan WRC mendatang.

“Kita telah menjadi kandidat tuan rumah WRC, semaksimal mungkin apa yang dibutuhkan WRC akan kita siapkan, karena ada aturan-aturan yang harus diikuti dan itu kita terus berupaya penuhi semaksimal mungkin untuk menyukseskan WRC mendatang,” ujar Harun.

Ia juga menambahkan pda APRC seri penutup mendatang peserta akan semakin bertambah. “Pastinya nambah karena dari beberapa negara sudah mendaftar diantaranya dari Jepang, New Zealand, India, Australia,” tutup Harun

APRC Asia Rally Cup diawasi oleh Vicky Chandhok dan Jefrey JP sebagai Steward Nasional. Seluruh peserta akan melalui 9 Trayek Khusus (Special Stage) yang berada di areal HTI Aek Nauli PT. Toba Pulp Lestari, Kabupaten Simalungun dan berakhir pada siang hari Minggu, 24 September 2023 dengan total jarak tempuh 293,61 km. Sebanyak 42 peserta meramaikan kejuaraan yang dirangkai dengan Kejurnas putaran 3 ini.

Baca Juga: 2023 Tahunnya Reli di Sumut, dari Pembuka Kejurnas hingga Penutup APRC

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya