Porprov Sumut Dibuka 29 Oktober, Pantau Atlet Menuju PON 2024

Ada 17 cabor dengan 944 medali diperebutkan

Medan, IDN Times- Pekan Olahraga Provinsi Sumatra Utara 2022 sudah dimulai. Meskipun pembukaan baru akan digelar di Gedung Serba Guna (GSG) Pemprov Sumut, Sabtu (29/10/2022). Rencananya Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi yang akan membuka langsung gelaran multi even Sumut empat tahunan ini.

Porprov yang memertandingkan 17 cabang olahraga ini akan menjadi arena untuk melihat perkembangan atlet dari berbagai daerah. Terutama para atlet pelatda. Sebanyak 32 kontingen akan tampil pada pesta olahraga se-Sumut ini, minus Nias Selatan. 

"Porprov Sumut ini supaya kita melihat perkembangan cabor di 33 Kab/Kota. Porprovsu ini kita juga gunakan untuk promosi dan degradasi. Kalau kalah di final tentu ada pertimbangan. Tapi kalau kalah di awal ya sudah (diganti)," kata John dalam keterangannya didampingi Ketua PB Porprov Sumut, Sakiruddin dan Sekretaris PB Porprov Sumut, Mesnan di Aula KONI Sumut Jalan Williem Iskandar, Kamis (27/10/2022).

1. Langkah untuk mematangkan atlet menuju PON 2024

Porprov Sumut Dibuka 29 Oktober, Pantau Atlet Menuju PON 2024KONI Sumut bericara soal persiapan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumut (IDN Times/Doni Hermawan)

John mengatakan, bila Porprov Sumut ini sebagai langkah awal KONI Sumut untuk menyiapkan para atlet menghadapi PON 2024. Inilah yang menjadi target utama Porprov Sumut, sebagai kesiapan bersaing di PON 2024 Sumut-Aceh mendatang.

"Target utama Porprov Sumut 2022 ini masuk 5 besar PON. Ini sudah sangat berat dengan 64 cabor yang dipertandingkan. Bali sangat siap, juga Papua," akunya.

Kesempatan tersebut, John menyebutkan, bila pihaknya setuju pada PON 2024 mendatang menggunakan wasit internasional sebagai pengadil pertandingan. Ini sebagai langkah antisipasi kecurangan dan menjadikan PON sebagai ajang prestasi dan persahabatan.

"Kita ingin PON 2024 Sumut-Aceh ini PON berprestasi, PON persahabatan. Makanya kami setuju kalau wasit asing dilibatkan pada PON 2024 nanti," ungkap John.

Baca Juga: Tumbang dari Dairi, Binjai Siap Hadapi Laga Hidup Mati di Porprov

2. Ada total 944 medali diperebutkan

Porprov Sumut Dibuka 29 Oktober, Pantau Atlet Menuju PON 2024KONI Sumut bericara soal persiapan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumut (IDN Times/Doni Hermawan)

Ketua PB Porprov Sumut, Sakiruddin menyebutkan, sebanyak 944 medali akan diperebutkan dari 256 nomor yang dipertandingkan di Porprov Sumut 2022 ini.

"Porprov Sumut 2022 ini mempertandingkan 256 nomor. Dengan total 944 medali, yang terdiri 256 emas, 256 perak dan 432 perunggu," jelas Sakiruddin.

Sakiruddin mengatakan, pihaknya telah siap menggelar Porprov Sumut 2022 ini yang akan diikuti 3.778 atlet dan official dari 32 kontingen yang berlangsung di GSG Pemprov Sumut, Sabtu (29/10/2022) pukul 15.00 WIB.

3. Pembukaan Porprov dipersiapkan meriah dan ada lucky draw

Porprov Sumut Dibuka 29 Oktober, Pantau Atlet Menuju PON 2024KONI Sumut bericara soal persiapan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumut (IDN Times/Doni Hermawan)

Berbagai kesiapan telah dilakukan, mulai dari persoalan teknis hingga non teknis. Pihaknya juga sudah mengelar rapat pengamanan bersama unsur TNI dan Polri.

"Secara persiapan sudah 98 persen. Kita juga baru rapat untuk pengamanan. Bagaimana pengamanan ini (mengantisipasi) tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Juga pemetaan untuk olahraga yang rawan (kerusuhan)," jelasnya.

Sakiruddin menyebutkan, pada pembukaan Porprov Sumut nanti akan diikuti ribuan pelajar dan pawai drum band, juga turut dimeriahkan penampilan grup musik orkes Melayu, Lebah Begantong. Panitia juga menyiapkan lucky draw dengan hadiah utama sepeda motor

Baca Juga: Asahan dan Tanjungbalai Lolos 8 Besar Sepak Bola Porprov Sumut

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya