PJSI Sumut Dapat Bantuan Judogi dari Konjen Jepang dan Senior Judo

Konjen Jepang dukung atlet Sumut berprestasi

Medan, IDN Times- Hubungan antara Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Judo Seluruh Indonesia (PJSI) Sumatra Utara (Sumut) dengan Konsulat Jenderal (Konjen) Jepang di Medan semakin erat. Teranyar PJSI Sumut mendapat bantuan 33 judogi (pakaian judo) dari Konjen Jepang di Medan.

Penyerahan dilakukan di Padepokan Judo PJSI Sumut bersamaan dengan digelarnya Pekan Olahraga Kota (Porkot) Kota Medan cabang judo, Minggu (16/6/2024). Judogi tersebut diserahkan langsung Konsulat Jenderal Jepang di Medan Takonai Susumu ke Ketum Pengprov PJSI Sumut Muhammad Arief Fadhillah.

"Di Sumatra Utara olahraga judo cukup aktif dan populer. Banyak pertandingan sudah dilakukan. Kami sering mendengar mereka mengalami kesulitan judogi (pakaian judo) khususnya untuk pertandingan. Jadi judogi ini dari donatur-donatur kita di Jepang yang sangat peduli terhadap kondisi ini. Maka mewakili di pertandingan ini, saya menyerahkan 33 judogi ini ke PJSI Sumut," kata Takonai.

1. Konjen Jepang terkesan dengan perkembangan olahraga judo di Sumut

PJSI Sumut Dapat Bantuan Judogi dari Konjen Jepang dan Senior JudoKonsulat Jenderal Jepang di Medan Takonai Susumu di Padepokan PJSI Sumut (IDN Times/Doni Hermawan)

Takonai juga terkesan dengan perkembangan olahraga judo di Sumatra Utara. Apalagi saat ini para atlet tengah dipersiapkan menghadapi PON 2024.

"Saya senang sekali. Mereka berlatih di Sumatra Utara mengikuti PON. Mereka sangat serius dan antusiasnya sangat tinggi sekali. Jadi saya merasa sangat terkesan. Jadi hari ini waktu yang sangat tepat menyerahkan judogi kepada mereka, karena menjelang PON. Semoga dengan penyerahan judogi ini olahraga judo akan sukses di Sumatra Utara," tambahnya.

2. Selain dari Konjen Jepang juga dari senior judo

PJSI Sumut Dapat Bantuan Judogi dari Konjen Jepang dan Senior JudoKonsulat Jenderal Jepang di Medan Takonai Susumu menyerahkan judogi ke PJSI Sumut (IDN Times/Doni Hermawan)

Sementara itu Ketum PJSI Sumut Muhammad Arief Fadhillah menyambut baik bantuan judogi ini. Menurutnya sangat bermanfaat untuk perkembangan olahraga judo di Sumut.

"Dari awal sudah membina hubungan baik dengan Konsul Jepang. Mereka induk olahraganya. Setelah tahun lalu membuat Konsul Jepang Cup Piala Kaisar Jepang. Tahun ini mereka menyerahkan 33 judogi untuk para atlet di Sumatra Utara. Selain itu kita juga dapat sumbangan judogi dari para senior judo menyumbangkan judogi ada 73 set," kata Arief.

3. Judogi akan disalurkan ke daerah

PJSI Sumut Dapat Bantuan Judogi dari Konjen Jepang dan Senior JudoKonsulat Jenderal Jepang di Medan Takonai Susumu menyerahkan judogi ke PJSI Sumut (IDN Times/Doni Hermawan)

Nantinya judogi ini akan disalurkan ke daerah. Diketahui saat ini ada 12 pengcab di bawah PJSI Sumut. "Kita akan berikan untuk atlet di daerah, tapi kita buat kriteria. Untuk yang berprestasi, aktif kegiatan. Tergantung kategorinya, biar semakin berlomba lebih aktif judo di daerah," kata Arief.

Arief melanjutkan, tak tertutup kemungkinan ada kerja sama lain yang dilakukan PJSI Sumut dengan Konsulat Jenderal Jepang.
"Kita juga sempat memohon Training Centre di sana. Semuanya sebenarnya sudah oke, tapi semua tergantung dana, setelah dihitung-hitung lebih memungkinkan kita berlatih ke Vietnam. Tapi ke depannya, tak tertutup kemungkinan atlet kita bisa berlatih di Jepang," pungkasnya.

Baca Juga: [BREAKING] Nil Maizar Resmi Jadi Pelatih Baru PSMS Medan

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya