Persiapan Venue dan Atlet Pematangsiantar untuk Tuan Rumah PON 2024

Ada 24 atlet yang akan perkuat Sumut di PON 2024

Medan, IDN Times- Pematangsiantar mempersiapkan diri dengan maksimal untuk menyambut Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Aceh - Sumatera Utara 2024. Kota tersebut berambisi untuk menjadi tuan rumah terbaik selama perhelatan empat tahunan itu yang akan berlangsung pada 8-20 September mendatang.

Kota Pematangsiantar telah dipilih sebagai lokasi pertandingan cabang olahraga tinju PON 2024, dengan GOR baru yang sedang dibangun menjadi tempat penyelenggaraan. Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pematangsiantar, Jayadi Sagala, mengungkapkan bahwa pembangunan GOR tersebut sudah mencapai 85 persen.

"Kami telah memeriksa kesiapan GOR Pematangsiantar. Kondisi bangunan di dalam hampir selesai. Atap juga sedang dikerjakan, dudukan di atas sudah siap," jelas Jayadi Sagala. "Kami hanya tinggal menyelesaikan beberapa bagian. Target kami pada bulan Juni ini tinggal memoles yang kurang, karena kami ingin menjadi tuan rumah terbaik," tambahnya, seperti dikutip dari Podcast COPI Sumut, Minggu (2/6/2024).

1. GOR Pematangsiantar ini awalnya dirobohkan dan dibangun ulang

Persiapan Venue dan Atlet Pematangsiantar untuk Tuan Rumah PON 2024Peletakan batu pertama GOR Merdeka Siantar (website pemko pematangsiantar)

Menurut Jayadi, GOR Pematangsiantar ini awalnya dirobohkan dan dibangun ulang untuk persiapan PON. Nantinya, GOR indoor tipe B ini akan dimaksimalkan dari segi hiburan dan olahraga. Di lantai bawah akan terdapat pusat perbelanjaan, sementara di atas ada tempat olahraga. Gedung ini dinamakan Gedung Merdeka.

Jayadi juga mengapresiasi dukungan positif dari Pemerintah Kota Pematangsiantar dalam mendorong semua pihak terkait untuk segera merampungkan pembangunan GOR. "Pemko sangat antusias. GOR ini diminta jangan sampai gagal, dan harus dimaksimalkan agar Siantar menjadi tuan rumah terbaik," katanya.

Jayadi juga mengajak pelaku olahraga di Pematangsiantar untuk memaksimalkan kesempatan menjadi tuan rumah. "Ini saatnya kami membuktikan bahwa Siantar mampu, karena 100 tahun lagi belum tentu Siantar mendapatkan kesempatan menjadi tuan rumah lagi. Jadi, momentum ini harus dimanfaatkan. Jika ada pendatang, mari kita sambut dengan baik dan hilangkan image buruk tentang Siantar," ujarnya.

Persiapan Pematangsiantar sebagai tuan rumah sudah berjalan dengan baik. Beberapa hotel telah dibangun untuk menyambut PON, dan kuliner siap memanjakan para pendatang. "Ini juga menjadi momentum bagi kami untuk mengenalkan budaya," tambahnya.

 

2. Siantar juga persiapkan atletnya untuk PON 2024

Persiapan Venue dan Atlet Pematangsiantar untuk Tuan Rumah PON 2024Bincang-bincang soal persiapan Siantar jadi tuan rumah PON 2024 (dok.istimewa)

Selain persiapan menjadi tuan rumah, Pematangsiantar melalui KONI juga ingin berprestasi di PON 2024. Sebanyak 24 atlet dan 4 pelatih dari Pematangsiantar masuk dalam Pelatda PON Sumut. Atlet-atlet tersebut antara lain Punguan Sihombing (biliar), Jayadi Damanik, Abdul Prayoga, Gigih Saragih, dan Zihan Artika (voli pantai), Joan Damanik (basket 3x3), Devi Novriyani (bridge), M Rifki dan Yohanna Nababan (cricket), Juliana Sinaga (hoki indoor), Fernando Siregar dan Ashiro Sianturi (kabbadi), Rajes Gultom (muaythai), Reyhan Kiming (renang), Arkhansyah Purba dan Dimas Adrianto (selam), Aprillia Stevanie (taekwondo), Yani Dwi Putri (tarung derajat), Adi Situmorang, Bachtiar Lubis, Avrillafayza, Rindifida Azka dan Annisa Putri (tenis lapangan).

Untuk pelatih, ada Teguh Kusuma dan Dedy Aprizal (voli pantai), Dwi Jitrada (renang), dan Bachtiar Lubis (tenis lapangan).

"Saya bangga. Selama ini hanya ada 4 atlet dari Pematangsiantar yang berpartisipasi di PON. Sekarang ada 24 atlet. Artinya, proses yang kami lakukan telah membuahkan hasil," ungkap Jayadi.

3. Yakin atlet Siantar raih emas dan

Persiapan Venue dan Atlet Pematangsiantar untuk Tuan Rumah PON 2024Atlet biliar Sumut asal siantar Punguan Sihombing (instagram/punguansihombing22)

Mengenai target dan peluang meraih medali, Jayadi optimis pada cabang biliar dan renang (alam bebas). "Biliar pasti emas lewat Punguan Hasiholan Sihombing. Bukan mendahului Tuhan, tapi saat ini dia nomor satu di Indonesia. Dia bermain di tiga nomor, semoga salah satunya meraih emas," katanya.

"Saya meminta warga dan pelaku olahraga di Siantar untuk mendoakan atlet kita agar bisa berprestasi. Apapun perjuangan mereka, harus selalu dibawa dalam doa," pungkasnya

Baca Juga: Dukungan Wali Kota Siantar untuk Tim Sepak Bola PON Sumut

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya