Kejutan IIC 2023, Unggulan Pertama Komang Ayu Tumbang dari Juniornya

Kyla Agatha sukses menang 2 set langsung

Medan, IDN Times- Kejutan terjadi di hari kedua Kejuaraan Bulu tangkis Xpora Indonesia International Challenge (IIC) 2023 di GOR PBSI Sumut, Rabu (30/8/2023). Unggulan pertama tunggal putri Komang Ayu Cahya Dewi tumbang dari juniornya di pelatnas Kyla Legiana Agatha dua set langsung 15-21, 21-23.

Kemenangan ini membawa Kyla lolos ke babak 16 besar turnamen yang merupakan agenda resmi Badminton Asia dan BWF ini.

1. Kyla tampil apik sejak set awal

Kejutan IIC 2023, Unggulan Pertama Komang Ayu Tumbang dari JuniornyaAksi pebulu tangkis pelatnas Kyla Agatha saat menghadapi unggulan pertama Komang Ayu Dewi pada babak 32 besar Xpora Indonesia International Challenge 2023 di GOR PBSI Sumut, Rabu (30/8/2023) (IDN Times/Doni Hermawan)

Sejak awal Kyla tampil apik dengan pukulan-pukulan dropshot yang menyulitkan seniornya itu. Sementara Komang justru kerap membuat kesalahan sendiri. Hasilnya Kyla unggul 21-15 di set pertama.

Di set kedua Komang coba bangkit. Pebulu tangkis ranking 45 BWF itu mulai melancarkan tekanan ke Kyla. Keduanya terus saling kejar angka. Bahkan Komang sempat unggul 19-18. Namun Kyla berhasil memaksakan deuce.

Bola-bola Komang yang kerap out menjadi keuntungan bagi Kyla. Pebulu tangkis ranking 246 BWF itu unggul 23-21 dan menyudahi perlawanan. 

Baca Juga: 9 Atlet Pelatnas Melaju Mulus di Awal IIC 2023, 5 Tumbang

2. Kyla akui tampil tanpa beban melawan seniornya

Kejutan IIC 2023, Unggulan Pertama Komang Ayu Tumbang dari JuniornyaPebulu tangkis unggulan pertama pelatnas Komang Ayu Dewi saat berlagapada babak 32 besar Xpora Indonesia International Challenge 2023 di GOR PBSI Sumut, Rabu (30/8/2023) (IDN Times/Doni Hermawan)

Usai memenangkan pertandingan, Kyla terlihat menangis haru. Kyla usai pertandingan mengaku bersyukur bisa meraih kemenangan. Apalagi dia tidak diunggulkan. 

"Dari hasil mungkin mainnya lebih lepas saja karena dia unggulan pertama, jadinya gak ada beban," kata pebulu tangkis kelahiran 18 Agustus 2003. 

Namun dia terus menjaga konsentrasi dan mentalnya meski di set kedua Komang terus menekan. Apalagi dia tampil disiplin dengan pertahanannya.

"Saya sih lebih mikirnya saya satu poin-satu poin saja, karena di situ kan belum ketinggalan jauh jadi masih ada harapan," tambahnya. 

3. Kyla sudah hafal dengan bola-bola Komang

Kejutan IIC 2023, Unggulan Pertama Komang Ayu Tumbang dari JuniornyaAksi pebulu tangkis pelatnas Kyla Agatha saat menghadapi unggulan pertama Komang Ayu Dewi pada babak 32 besar Xpora Indonesia International Challenge 2023 di GOR PBSI Sumut, Rabu (30/8/2023) (IDN Times/Doni Hermawan)

Kyla mengatakan selama ini sudah sering sparing partner dengan Komang di pelatnas. Menurutnya dia sudah punya gambaran.

"Sebenarnya sih yang pasti kalau punya target, pasti, karena kita latihan bareng. Jadi sudah pasti bisa melihat lawan-lawannya. Jadi punya gambaran lawannya," kata pebulu tangkis asal Mutiara Cardinal Bandung. 

"Kak Komang di dalam lapangan punya pukulan yang unik juga mainnya ngotot. Kalau misalnya dalam latihan sudah biasa ketemu jadi sudah sedikit hafal bola-bolanya," pungkasnya.

Kyla Legiana Agatha sebelumnya mengawalinya dari babak kualifikasi. Dia mengalahkan Sai Chukka 21-9,21-13.

Kemudian masih di babak kualifikasi dia mengalahkan wakil Thailand Patchamon Laisuan 21-5, 21-11. Dia babak 16 besar dia akan menghadapi wakil India Mansi Singh.

Baca Juga: 47 Pebulu Tangkis Pelatnas Turun di Xpora International Challenge

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya