Indonesia Masters 2023: Alwi Farhan Tumbang, Ikhsan dan Iqbal Melaju

Saut dan Jason lolos dari kualifikasi

Medan, IDN Times- Aksi gemilang Alwi Farhan di Indonesia International Challenge (IIC) 2023 gagal dilanjutkan di Turnamen BNI Indonesia Masters 2023. Juara IIC 2023 itu tumbang pada langkah perdananya di babak 64 besar. Pebulu tangkis pelatnas itu ditumbangkan wakil Malaysia Sholeh Aidil di GOR PBSI Sumut, Selasa (5/9/2023) malam. Alwi menyerah dua set langsung 13-21, 21-23 dari Sholeh.

Alwi mengaku dirinya terburu-buru sehingga harus tumbang. “Pada laga hari ini saya kurang sabar dalam bermain, permainan saya tertekan dan bermain terburu-buru. Lawan bermain lebih siap, saya jadi terburu-buru,” ungkap pebulu tangkis ranking 88 BWF ini.

1. Ikbal melaju dan akan menghadapi unggulan asal Taiwan

Indonesia Masters 2023: Alwi Farhan Tumbang, Ikhsan dan Iqbal MelajuIqbal Diaz Syahputra saat beraksi di Indonesia Masters 2023 di GOR PBSI Sumut, Selasa (5/9/2023) (Dok.PBSI)

Sementara itu tunggal putra pelatnas lainnya bernasib berbeda dengan Alwi. Iqbal Diaz Syahputra melaju ke babak 32 besar usai mengalahkan wakil Hong Kong, Jason Gunawan. Iqbal menang dua gim langsung 21-15, 21-17 atas Jason.

Runner up Indonesia International Series 2022 butuh waktu 42 menit untuk menang.  “Saya tampil semangat karena melihat teman-teman saya meraih hasil bagus. Saya sedikit emosional mengingat pada turnamen sebelumnya saya kurang bisa maksimal dan menyerah di babak awal,” ungkapnya

Di babak 32 besar, Iqbal diadang Taiwan Chi Yu Jen di 32 besar.

Baca Juga: Indonesia Masters 2023 Super 100 di Sumut Diramaikan 2 Bintang Jepang

2. Ikhsan juga lolos ke-32 besar

Indonesia Masters 2023: Alwi Farhan Tumbang, Ikhsan dan Iqbal MelajuIkhsan Leonardo Imanuel Rumbay saat beraksi di BNI Indonesia Masters 2023 (Dok.PBSI)

Sementara pebulu tangkis tunggal putra Ikhsan Leonardo Imanuel Rumbay tampil beringas untuk menyegel tiket 32 besar. Senior Alwi itu butuh 54 menit untuk menumbangkan wakil India, Meiraba Luwang Maisna.

Ikhsan awalnya unggul 21-15 di set pertama. Namun di set berikutnya dia tertinggal 11-12. Syukurnya saat rubber game, Iksan menutup set penentu dengan 21-12.

“Saya ingin menikmati turnamen di sini. Sebagai pemain senior saya tentu untuk menunjukkan permainan yang terbaik,. Setelah empat bulan tidak bermain saya mencoba beradaptasi kembali dengan atmosfer pertandingan untuk bisa tampil kompetitif,” kata Juara Indonesia International Series 2022 dan juara Bahrain International Challenge 2021 itu.

 

3. Dua tunggal putra pelatnas juga melaju dari kualifikasi

Indonesia Masters 2023: Alwi Farhan Tumbang, Ikhsan dan Iqbal MelajuPebulu tangkis pelatnas Yohanes Saut Marcelino saat beraksi di BNI Indonesia Masters 2023 (Dok.PBSI)

Sementara itu sejumlah wakil Indonesia harus memulai dari babak kualifikasi. Seperti tunggal putra Yohanes Saut Marcellyno dan Jason Christ Alexander. Mereka sukses menembus babak utama.

Saut sukses 2 kali menang di babak kualifikasi hingga akhirnya menembus babak 64 besar turnamen BWF Tour Super 100 tersebut. “Senang rasanya bisa melangkah ke babak utama turnamen BNI Indonesia Masters 2023. Pada pertandingan ini saya lebih menguasai lapangan mengingat hembusan angin di laga ini tidak menentu. Saya bisa mengontrol pertandingan untuk memenangkan laga hari ini,” ungkap Saut. 

Kemenangan juga diraih oleh Jason yang meraih kemenangan melawan tunggal putra India, Parupalli Kashyap straight game 21-14, 21-17.

“Saya menikmati pertandingan hari ini. Saya tidak mau terbebani dengan pertandingan. Menghadapi lawan yang lebih berpengalaman saya mencoba bermain tenang dan bersyukur diberikan kemenangan di laga ini,” kata runner up Nantes International Challenge 2023 itu.

Sementara nasib berbeda dialami wakil pelatnas Tegar Sulistio yang harus tumbang dari unggulan ke-6 asal India dua set langsung 17-21, 8-21. Senasib dengan Tegar, Alvi Wijaya Chairullah itu juga tumbang dari wakil India Dhruv Kumar dua gim langsung 13-21, 11-21.

Baca Juga: Bintang Muda Pelatnas Tanpa Beban di Indonesia Masters 2023 Sumut

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya