Hadapi PON 2024, 11 Atlet Judo Sumut Berlatih di Vietnam

Atlet judo akan ikuti kejuaraan lokal di Vietnam

Medan, IDN Times- Gebrakan kembali dilakukan Pengurus provinsi (pengprov) Persatuan Judo Seluruh Indonesia (PJSI) Sumatra Utara untuk memersiapkan atletnya menghadapi Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024. Sebanyak 11 atlet judo Sumut bertolak ke Vietnam untuk berlatih selama sebulan ke depan.

Para atlet yang berlatih di Vietnam adalah empat atlet kata Fadli Ardiansyah Manik, Krisjon Parningotan Simorangkir, Redinda Syahira, Mutiara Ocean Oka Sinaga, dan 7 atlet fighter Helena Susyen, Damara Raditya, Adelia Sari Lubis, Febby Landa Marlina, Ezlina Sinuhaji, Dwi Pramitha Suhendra dan Okky Wicaksono. Mereka didampingi dua pelatih Eka Setya Wirawan dan Bambang Prakarsa.

1. Vietnam punya prestasi yang bagus di cabor judo

Hadapi PON 2024, 11 Atlet Judo Sumut Berlatih di VietnamTim judo Sumut di Ho Chi Minh City National Sport Traning Centre (dok.PJSI Sumut)

Para atlet terbang dalam dua gelombang. Yakni pada Jumat (5/4/2024) dan Minggu (7/4/2024) kemarin. Ketua Pengprov PJSI Sumut Muhammad Arief Fadhillah yang ikut mengantarkan para atlet mengatakan pemiihan Vietnam karena negara tersebut cukup berprestasi di Asia Tenggara.

"Untuk kata, pelatihnya Sensei Tai Thanh Nguyen yang menciptakan juara dunia kata junior. Beliau juga merupakan ketua dewan juri kata Asia Tenggara," kata Arief,Minggu (7/4/2024).

Sementara untuk atlet shiai (fighter), nantinya akan ikut berlatih bersama timnas judo Vietnam. "Jadi kita di sini berlatih dan bertanding di kejuaraan lokal," kata Arief.

2. Tak semua atlet pelatda Sumut berangkat ke Vietnam

Hadapi PON 2024, 11 Atlet Judo Sumut Berlatih di VietnamNational Sport Training Centre milik timnas Vietnam (dok.PJSI Sumut)

Memang tidak semua atlet pelatda Sumut yang berangkat ke Vietnam. Beberapa atlet harus berlatih di Medan karena cedera. Mereka adalah Nicholas Abednego Marbun, Willy Pratama, Jihan Syahkila Lubis dan Daffa Maulana Putra. Sementara dua atlet Sumut lainnya Nanda Banurea dan Winner Panggabean masih di pelatnas.

"Mereka menjalani pemulihan di Medan, Nicholas baru dua bulan lalu operasi karena cedera," ungkap pria yang berprofesi sebagai notaris ini.

3. Fasilitas judo di Vietnam sangat bagus

Hadapi PON 2024, 11 Atlet Judo Sumut Berlatih di VietnamTempat latihan judo di National Sport Training Centre milik timnas Vietnam (dok.PJSI Sumut)

Arief juga memuji fasilitas olahraga Natioanl Sport Training Centre di Ho Chi Minh City. Itu merupakan fasilitas olahraga untuk atlet timnas Vietnam di berbagai cabor.  Mulai dari mess hingga fasilitas latihan. Mereka juga disambut dengan baik di negara berjuluk The Golden Stars itu.

"Kita punya hubungan yang bagus dengan Vietnam Judo Association. Saya berharap kesempatan try out di Vietnam ini benar-benar dimanfaatkan para atlet. Ini upaya kita untuk bisa meraih prestasi di PON 2024," tutup Arief.

Baca Juga: 4 Atlet Judo Sumut Wakili Indonesia Ikuti Southeast Asia di Bali

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya