Futsal PON 2024: Tumbangkan DKI Jakarta, Sumut di Ambang Semi Final

Sumut hanya butuh hasil imbang

Medan, IDN Times- Tim futsal putra Sumatra Utara mencatat hasil gemilang pada lanjutan grup A Pekan Olahraga Nasional (POIN) 2024 di GOR Futsal Dispora Sumut, Senin (2/9/2024). Tuan rumah menumbangkan DKI Jakarta dengan kemenangan dramatis 3-2.

Pada laga itu Sumut unggul cepat lewat sang kapten Arya Wirawan menit ke-3. Kemudian DKI Jakarta menyamakan skor lewat Andzwar semenit berselang. Namun saat skor 1-1 laga sempat tertunda karena venue bocor setelah hujan deras. Pertandingan dilanjutkan setelah tertunda hampir 3 jam.

Usai jeda, Sumut mencetak gol lewat Chandra Filaman Husna menit ke-13. Masih di menit yang sama DKI Jakarta membalas lewat Ananda Ilham Nugraha. Tiga menit jelang laga usai, Dian Fakhri Syauqi menjadi pahlawan lewat golnya pada menit 37.

1. Sumut puncaki klasemen

Futsal PON 2024: Tumbangkan DKI Jakarta, Sumut di Ambang Semi FinalDuel tim futsal Sumut kontra DKI Jakarta pada lanjutan futsal PON 2024 (IDN Times/Doni Hermawan)

Kemenangan ini memerbesar kans Sumut lolos ke semi final. Sumut memimpin klasemen grup A dengan 7 poin. Disusul DKI Jakarta dengan 6 poin. NTT menyusul di urutan ketiga dengan 4 poin disusul Jawa Timur yang masih menyisakan 2 laga. Di urutan paling buncit ada Sulawesi Barat yang masih tanpa poin.

Asisten Pelatih tim futsal Aidil Akbar mengatakan sangat bersyukur bisa menang. Sejauh ini Sumut belum terkalahkan dari 3 laga.

"Terima kasih kepada seluruh pendukung yang terus mendukung kami. Kemenangan dari DKI Jakarta ini membuat harapan kita lolos ke semi final terbuka lebar. Semoga langkah kami terus lancar sampai ke final," kata Aidil.

2. Sisakan satu laga lawan Jawa Timur

Futsal PON 2024: Tumbangkan DKI Jakarta, Sumut di Ambang Semi FinalPelatih futsal Sumut Hendrawan Ferdiansyah (IDN Times/Doni Hermawan)

Sumut menyisakan satu laga lagi menghadapi Jawa Timur yang baru memainkan 2 laga. Sumut hanya butuh hasil imbang untuk lolos. Atau jikapun kalah di laga terakhir, Sumut bisa tetap lolos jika NTT tak menang telak. Soalnya Sumut punya selisih gol lebih baik dari NTT.

"Target kami adalah medali emas dan itu sama-sama akan kami wujudkan.Doa dan dukungan dari suporter tentunya juga sangat kami harapkan dan datang langsung mendukung saat kami berlaga," katanya.

3. DKI Jakarta bergantung hasil tim lain

Futsal PON 2024: Tumbangkan DKI Jakarta, Sumut di Ambang Semi FinalDuel tim futsal Sumut kontra DKI Jakarta pada lanjutan PON 2024 (IDN Times/Doni Hermawan)

Sementara Pelatih DKI Jakarta Robby Hartono mengakui pertandingan sangat sengit. DKI Jakarta kini bergantung pada hasil tim lain untuk lolos.

"Pertandingan menarik, saya sempat pikir ditunda besok. Hasilnya keberuntungan ada di Tim Sumut. Kita masih nunggu dari tim lainnya. Kita tunggu hasil tim lain. Mohon maaf kalau ada yang kurang berkenan pada PON ini. Siapa pun juara ya untuk Indonesia," pungkas Robby.

Baca Juga: Venue Futsal PON Sumut Bocor, Laga Sumut Vs DKI Jakarta Dihentikan

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya