Futsal PON 2024: Jawa Timur Bersua Kaltim di Final Putra

NTT dan Banten berebut perunggu

Deli Serdang, IDN Times- Jawa Timur dipastikan akan bersua Kalimantan Timur pada final futsal kategori putra Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 yang digelar di Gor Dispora Sumut, Minggu (8/9/2024) besok. Jawa Timur ke final setelah menyingkirkan Banten dengan skor 3-2.

Sementara Kalimantan Timur menumbangkan Nusa Tenggara Timur juga dengan skor 3-2.

1. Kemenangan Jatim ditentukan di detik-detik akhir

Futsal PON 2024: Jawa Timur Bersua Kaltim di Final PutraDuel Jatim kontra Banten pada semi final cabor futsal PON 2024 di Gor Futsal Dispora Sumut, Minggu (8/9/2024) (dok.media futsal PON)

Jawa Timur melalui laga dramatis dengan Banten. Menariknya kemenangan Jawa Timur dipastikan beberapa detik sebelum usai lewat gol Achmad Guntur Ramadhan. Skor 1-0 bertahan hingga memasuki ruang ganti.

Di paruh kedua, Jawa Timur menambah gol menjadi 2-0 saat laga baru berjalan 3 menit. Tapi Banten tak menyerah. Belum berganti menit, Sulthan Rafi mencetak gol pertama Banten hingga skor menjadi 1-2. Gol itu membangkitkan asa anak-anak Banten. Benar saja, memasuki pertengahan laga tepatnya menit ke-30, Hans Farel menyamakan skor menjadi 2-2.

Gol membuat laga kian sengit. Jatim dan Banten bergantian menyerang. Petaka untuk Banten tiba di 10 detik terakhir. Tendangan Achmad Guntur lagi-lagi menggetarkan jala Banten. Skor 3-2 mengantarkan Jatim ke final.

2. Jawa Timur melawan keletihan

Futsal PON 2024: Jawa Timur Bersua Kaltim di Final PutraDuel Jatim kontra Banten pada semi final cabor futsal PON 2024 di Gor Futsal Dispora Sumut, Minggu (8/9/2024) (dok.media futsal PON)

Pelatih Jawa Timur Ambar Supriyanto memuji skuatnya yang berhasil melawan keletihan. "Teman-teman berhasil melawan kecapekan. Perasaannya luar biasa. Saya gak menyangka kita bisa mencetgak gol di detik-detik terakhir. Untuk final, kita tidak pikirkan. Siapapun lawannya secara mental dan fisik," kata Ambar.

Sementara itu pahlawan kemenangan Jawa Timur Achmad Guntur bersyukur timnya ke final. Sebelumnya Jatim sempat kalah di laga awal.

"Alhamdullah target Jawa timur tercapai ke final. Dengan kerjasama tim. Doa orangtua dan seluruh masyarakat Jatim," kata Guntur.

3. NTT nyaris bangkit, namun Kaltim tunjukan mental

Futsal PON 2024: Jawa Timur Bersua Kaltim di Final PutraDuel NTT kontra Kaltim pada semi final cabor futsal PON 2024 di Gor Futsal Dispora Sumut, Minggu (8/9/2024) (dok.media futsal PON)

Sementara laga Kaltim kontra Nusa Tenggara Timur dengan skor 3-2. Kaltim sempat mendominasi di babak pertama. Hasilnya mereka unggul 3-0 lewat Muhammad Akran pada menit ke-4 dan dua gol Fajar Aidil menit ke-12 dan 17.

Namun NTT bangkit di paruh kedua. Gol Rivaldo Krise menit ke-22 membuat NTT menghidupkan asa. Pasukan Juli Nurhafid kemudian membuat Kaltim tertekan lewat golnya menit ke-35. Di sisa waktu, upaya NTT mencetak gol dihalau dengan baik oleh pemain Kaltim. Skor 3-2 mengakhiri laga.

Pelatih Kaltim Panca Pauji mensyukuri tiket final ini. Diakuinya NTT sempat membuat timnya keteteran di babak kedua.

"Dengan kemenangan ini dengan perjuangan ini, akhirnya bisa masuk final. Kita bersyukur kepada keluarga kita yang sudah ada di rumah. Babak pertama dan babak kedua sebenarnya kita menerapkan sistem yang sama. Kita terlalu cepat kebobolan di babak kedua. Itu yang bikin goyang," kata Panca.

Sementara Pelatih NTT Julinur Hafid mengatakan timnya sudah berupaya semaksimal mungkin mencetak gol. Hanya saja timnya melakukan start buruk di babak pertama.

"Melihat pertandingan tadi belum rezeki. Kita kecolongan babak pertama terlalu jauh. Ngejarnya lumayan berat. Anak-anak berjuang semaksimal mungkin," kata Pelatih NTT Julinur Hafid.

Baca Juga: Futsal PON 2024: Mimpi Tim Putri Sumut ke Final Dipupuskan Jabar

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya