Emas Pertama Senam Artistik DKI Jakarta Dipersembahkan untuk Rifda

Sang Olimpian absen di PON 2024 karena cedera

Medan, IDN Times- Medali emas pertama dari senam artistik Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 Aceh-Sumut menjadi milik tim DKI Jakarta. Ameera, Trithalia, Nadia, dan Mallica mengawali pundi-pundi emas dari DKI Jakarta berkat performa apik yang mereka tunjukkan hingga mengumpulkan poin tertinggi 133,997 di GOR Serbaguna Dispora Sumut, Rabu (28/8/2024). 

Ameera dkk kompak memersembahkan emas ini untuk Rifda Irfanaluthfi. Pesenam yang tampil di Olimpiade Paris 2024 ini harus absen membela DKI Jakarta karena cedera ACL.

"Untuk Kak Rifda," ujar Ameera dan rekan-rekannya kompak.

1. Absen karena cedera

Emas Pertama Senam Artistik DKI Jakarta Dipersembahkan untuk RifdaRifda Irfanaluthfi pakai tongkat di pawai Olimpiade 2024 (IDN Times/Fauzan)

Diketahui Rifda cedera saat melakoni Olimpiade di Paris. Padahal namanya sudah dipersiapkan menjadi andalan di PON. "Belum (video call). Ini kejutan untuk Kak Rifda," kata Trithalia.

Rifda sendiri turut mendukung perjuangan rekan-rekannya meski tak hadir langsung ke Medan. Dia mengunggah pesan dukungan di akun instagramnya.

2. Bertekad ulangi pencapaian di Papua

Emas Pertama Senam Artistik DKI Jakarta Dipersembahkan untuk RifdaTim senam DKI Jakarta meraih medali emas beregu putra senam artistik (IDN Times/Doni Hermawan)

Hasil ini berarti DKI Jakarta, mengulang capaian di PON Papua XX 2021 lalu. “Senang dan bangga juga. Kami merasa usaha-usaha kami dalam beberapa tahun terbayarkan walaupun kami belum dan masih beberapa yang harus kami perbaiki lagi. Ini masih hari pertama, kita masih punya tiga hari lagi di sini. Harapannya, kami bisa meraih hasil sesuai yang ditargetkan,” kata Ameera.

Masih ada 12 medali lagi yang diperebutkan di senam artistik. Pada PON sebelumnya mereka memborong 4 medali emas. Trithalia dan Ameera menjadi salah satu alumni dari PON Papua yang ikut bertanding.

“Beberapa hari ke depan untuk final individual harapnnya kami bisa lakukan lebih baik dari hari ini. Kami bisa lebih tenang dan terkontrol agar lebih baik lagi,” ucap Trithalia.

3. Senam artistik dilanjutkan hari ini hingga 31 Agustus 2024

Emas Pertama Senam Artistik DKI Jakarta Dipersembahkan untuk RifdaSenam Artistik pada PON 2024 telah dimulai di Sumut (IDN Times/Eko Agus Herianto)

Pada Kamis (29/8/2024) senam artistik kembali perlombakan di alat balok keseimbangan dan lantai putri perorangan. Sedangkan di sektor putra perorangan alat gelang-gelang, kuda pelana, dan lantai. 

Baca Juga: Medali Emas Pertama PON 2024 Diraih Riau dan DKI dari Senam

Topik:

  • Doni Hermawan
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya