Comeback dan Revans atas Wakil India, Lanny/Ribka ke Final

Hadapi pasangan Taiwan di final Indonesia Masters 2023

Medan, IDN Times- Lanny Tria Mayasari/Ribka Sugiarto membuktikan kapasitasnya sebagai unggulan pertama Turnamen bulu tangkis Indonesia Masters 2023. Pasangan ganda putri pelatnas Cipayung itu menyegel satu tiket ke final turnamen BWF Tour Super 100 itu setelah di semi final menumbangkan wakil India, Tanisha Crasto/Ashwini Ponnappa lewat kemenangan rubber game 20-22, 21-16, 21-13, di GOR PBSI Sumut, Sabtu (9/9/2023). 

Dibanding lawan-lawan sebelumnya, kemenangan ini tak mudah. Bahkan pasangan yang baru dipasangkan pada SEA Games 2021 itu sempat kehilangan set pertama 20-22. Pertarungan set kedua juga sempat ketat dan Lanny/Ribka sempat tertinggal 12-15. Syukurnya mereka bangkit menuntaskannya menjadi 21-16. Set penentu Lanny/Ribka meraih kemenangan 21-13.

Kemenangan Lanny Tria Mayasari/Ribka Sugiarto atas Tanisha Crasto/Ashwini Ponnappa sejatinya revans mengingat pada babak 16 besar Indonesia Masters 2023 di Jakarta, mereka menyerah lewat pertarungan rubber game 21-19, 18-21, 21-23.

Lanny mengakui sempat tidak siap di set pertama dengan permainan lawan yang agresif. Namun syukurnya mereka bisa bangkit di set kedua dan set ketiga jadi lebih percaya diri.

“Bersyukur di laga ini bisa diberikan kemenangan kendati saat di gim pertama kami tertinggal. Kami sejatinya bisa mengakhiri gim pertama dengan kemenangan, sayang pada penghujung pertandingan kami malah lengah sehingga harus tertinggal di gim pertama,” ungkap Lanny.

Ribka juga mengaku di awal terburu-buru. Meskipun sebenarnya mereka sudah tahu harus menunjukkan strategi apa.

“Kami bermain terburu-buru saat sudah unggul di gim pertama. Pada dasarnya kami sudah tahu akan bermain dengan gaya bermain seperti apa. Beruntung pada gim kedua kami bisa mendapatkan momentum untuk akhirnya bisa mengejar ketertinggalan dan memaksakan rubber game,” kata Ribka.

Di partai pamungkas, Lanny/Ribka bersua dengan wakil Chinese Taipei, Chang Ching Hui/Yang Ching Tun. Mereka lolos setelah mengatasi rekan senegaranya Sung Yu-Hsuan/Wang Szu-Min dengan skor 21-14, 21-18.

“Menghadapi partai final, kami mau fokus dan ingin menikmati pertandingan. Sebisa mungkin kami harus bermain lebih siap lagi sejak awal laga mengingat laga final pastinya tidak mudah,” pungkas Ribka.

Baca Juga: Ester ke Final Tunggal Putri Indonesia Masters, Marwan/Jessica Tumbang

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya