Chess International Championship RKBN Diramaikan Grand Master Dunia

Diikuti 183 peserta dari 12 negara

Medan, IDN Times- Kejuaraan Chess International Championship 2023 yang digagas Rumah Kolaborasi Bobby Nasution (RKBN) di Ballroom Grand Inna Hotel Medan, 5-10 Desember 2023 diikuti para pecatur dunia. Tercatat para grandmaster dunia dari berbagai negara yang turut meramaikan even ini. 

Antara lain yang terlihat adaGM Darwin Laylo (elo rating 2441), Van Huy Nguyen (2362) dari Vietnam, Sriram Jha (India, 2310) dan lainnya. Selain itu Master Fide NPC asal Indonesia Maksum Firdaus turut bertanding.

1. Lebih dulu digelar open tournamen untuk peserta dari setiap kecamatan

Chess International Championship RKBN Diramaikan Grand Master Dunia=Salah satu GM asal India (kanan) bertanding di Chess International gawean RKBN di Medan (IDN Times/Doni Hermawan)[[[

Turnamen catur ini dibagi dua. Untuk kategori open dan challenger. Ketua RKBN, Muhammad Asril mengatakan sebelumnya mereka lebih dulu menyaring pecatur-pecatur dari kecamatan. Para pemenang di kecamatan mendapat golden ticket mengikuti RKBN International Chess Championship 2023.

“Para pecatur dari akar rumput ini akan kita laga dengan Grand Master (GM) dari negara-negara lain di dunia,” urai Asril.

Ditambahkan penasihat RKBN Hasanul Jihadi mengatakan para pecatur warung kopi nantinya bisa diadu dengan pecatur dunia. "Selain dari Kota Medan, peserta kegiatan ini juga berasal dari sejumlah negara seperti India, Vietnam, Singapura, Amerika Serikat dan Uzbekistan," tuturnya.

2. Memakai sistem FIDE ratings

Chess International Championship RKBN Diramaikan Grand Master DuniaKabid pertandingan dan perwasitan Percasi Agus Subandrio (IDN Times/Doni Hermawan)

Sementara itu Kabid Pertandingan dan Perwasitan PB Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Agus Subandrio menyebut, Chess International Championship memakai sistem even Federation Internationale des Echecs (FIDE) Ratings sehingga semua peserta atau pecatur yang ikut kejuaraan ini memiliki FIDE Rate.

"Ini turnamen internasional RKBN 2023, ini turnamen internasional otomatis yang dipergunakan semuanya itu berstandar Internasional, di antaranya peserta harus memiliki ID FIDE," kata Agus Subandrijo, Selasa (5/12/2023).

Menurut Agus, terdapat tiga GM akan ikut memperebutkan total hadiah Rp 240 juta itu. Selain GM, ada nya Internasional Master dan FIDE Master mengikuti turnamen itu.

"GM di sini ada 3, sisanya itu Internasional Master, FIDE Master. dari Vietnam ada GM, ada juga dari India, ini pecatur-pecatur cukup kuat," ucapnya.

3. Menggairahkan olahraga catur di Medan

Chess International Championship RKBN Diramaikan Grand Master DuniaPecatur Indonesia Master Fide (MF) Maksum Firdaus turut bertanding di Chess International 2023 (IDN Times/Doni Hermawan)

Ketua Panitia Bidang Teknis Pertandingan, Master FIDE (MF) Arif Rahman Saragih mengatakan  turnamen ini diikuti 183 pecatur. Kegiatan yang digagas Walikota Medan Bobby Nasution melalui RKBN ini bertujuan menggairahkan olahraga catur sehingga melahirkan bibit pecatur andal yang bakal membawa harum nama daerah, baik di tingkat nasional maupun internasional.

"Ke depannya, turnamen ini akan menjadi agenda tahunan dengan menghadirkan peserta lebih banyak lagi," haranya.

Pecatur yang ikut kejuaraan ini kesempatan menaikkan elo rating untuk peluang mendapatkan norma gelar IM bahkan norma GM.

Arif menyebutkan, untuk kategori open memberikan hadiah pemenang peringkat 1 hingga 20, kategori challenger peringkat 1 hingga 10. Kejuaraan ini juga mempertandingkan kategori catur blitz (kilat) yang memberikan hadiah bagi pemenang ranking 1-10.

Baca Juga: Di Papan Catur Ada Berapa Menteri? Ini Jumlah dan Gerakannya

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya