Awalnya Penasaran, Otta Silalahi Jadi Andalan Hoki Putri Sumut di PON

Otta berharap bisa merebut medali emas PON 2024

Medan, IDN Times- Berawal dari rasa penasarannya terhadap cabang olahraga hoki, Otta Lestarina Silalahi akhirnya terjun menekuninya sejak 2019. Lima tahun menekuni olahraga ini, kini Otta jadi andalan tim hoki putri indoor Sumatra Utara menghadapi Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024.

"Awalnya penasaran dengan hoki. Ada momen dan peluang, seleksi ikuti, Puji Tuhan saya kemudian terpilih," kata Otta saat ditemui Jumat (2/8/2024). 

1. Nyaman menjadi atlet hoki

Awalnya Penasaran, Otta Silalahi Jadi Andalan Hoki Putri Sumut di PONOtta Lestarina Silalahi, kapten tim hoki putri Indoor Sumut (IDN Times/Doni Hermawan)

Perempuan asal Tarutung, Tapanuli Utara ini awalnya mengetahui hoki saat dia masuk menjadi mahasiswa Universitas Negeri Medan (Unimed). Diketahui hoki menjadi salah satu mata kuliah di kampus itu.

"Ada mata kuliahnya, tapi beda jurusan. Saya PJKR (Pendidikan Jasmani Kesehatan Rohani)," kata Otta.

Selama menekuni hoki putri, perempuan 1 Oktober 2000 ini mengalami masa susah dan senang. Namun dia kini nyaman menjadi atlet hoki.

Putri pasangan Aser Silalahi dan Lisma Sitorus itu memilih posisi penjaga gawang. Dengan peralatan dan pelindung yang lebih berat, Otta mengaku sudah tak lagi kesulitan. 

"Senangnya banyak, sulitnya ada juga. Tapi sekarang sudah terlu nyaman, untuk peralatan juga sudah terbiasa memakainya," kata Otta.

2. Kedua kali bermain di PON

Awalnya Penasaran, Otta Silalahi Jadi Andalan Hoki Putri Sumut di PONOtta Lestarina Silalahi, kapten tim hoki putri Indoor Sumut (IDN Times/Doni Hermawan)

Apalagi Otta sudah dipercaya memerkuat tim hoki Sumut di Pekan Olahraga Nasional (PON) sejak bermain di Papua lalu. Saat itu hoki indoor putri menembus empat besar. 

"Ini kedua kali main di PON. Jadi ini saya berharap bisa memaksimalkan dapat medali. Targetnya medali emas tahun ini," kata mahasiswa Unimed stambuk 2018 ini.

Menurutnya yang harus dipersiapkan menghadapi PON kali ini selain dari segi teknis juga mentalitas. "Persiapan yang harus dibenahi, teknik dan mental. Kalau untuk skuat, tahun ini banyak perubahan pastinya," katanya.

3. Berharap bisa perkuat timnas hoki

Awalnya Penasaran, Otta Silalahi Jadi Andalan Hoki Putri Sumut di PONTim hoki putri Indoor Sumut (IDN Times/Doni Hermawan)

Soal daerah yang diwaspadai, Otta menyorot Jawa Barat.

"Beberapa kali sering bertemu. Jawa Barat tim yang kuat," bebernya.

Ke depan, Otta juga berharap nantinya bisa memerkuat timnas hoki putri. Peluang itu bisa terbuka, jika Sumut bisa meraih medali emas di PON.

"Mudah-mudahan kalau bisa bermain bagus terpanggil di timnas. Tapi yang penting dapat emas dulu di PON baru mungkin bisa terpantau, pungkasnya.

Baca Juga: Begini Persiapan Venue Hoki Indoor dan Outdoor PON 2024 di Sumut

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya