Atlet Sumut Sudah Sumbang 7 Emas di ASEAN Para Games Kamboja

Cabor atletik perkasa dengan lima emas

Medan, IDN Times- Atlet National Paralympic Committee (NPC) Sumatera Utara unjuk gigi di ajang ASEAN Para Games (APG) 2023 Kamboja. Hingga Senin (5/6/2023) malam, Sumut sudah menyumbang 7 medali emas, 1 perak dan 3 perunggu untuk Indonesia. 

Dua medali emas disumbangkan Nur Ferry Pradana di T47 putra. Dia meraih emas nomor estafet 4x100 dan 100 meter. Kemudian Riadi Saputra juga menyumbang emas di nomor lempar cakram putra.

Sementara Reza Permana Perangin - angin juga meraih emas dengan tolakan terjauh di nomor tolak peluru F44 putra, dengan jarak 12,18 meter. Satu emas lagi dari atletik diraih Eko Saputra di nomor lari 100 meter T 12 putra, mampu finish tercepat dengan catatan waktu 11,20 detik.    

1. Dua medali emas lainnya dari judo dan catur beregu

Atlet Sumut Sudah Sumbang 7 Emas di ASEAN Para Games KambojaPejudo Sumut Marialan Sihotang menyumbangkan emas untuk Indonesia di ASEAN Para Games 2023 Kamboja (Dok.Istimewa)

Selain atletik, emas juga disumbangkan Aisyah Putri dan Annisa di nomor catur beregu blind. Satu tambahan emas dari Marialam Sihotang dari cabor judo kelas mix combine -75 kg putri. 

Sementara itu untuk medali perak disumbangkan Muammar Habibila di nomor lari 100 meter T13 putra. Medali perunggu juga diraih para pecatur Sumut yakni Boy Parta Simanja dan Aisyah Putri di nomor perorangan.  

Baca Juga: ASEAN Para Games Kamboja, Habibila Target Ulangi Pencapaian 2021

2. Eko sempat diadang angin kencang

Atlet Sumut Sudah Sumbang 7 Emas di ASEAN Para Games KambojaAtlet atletik NPC Sumut saat memerkuat Indonesia di ASEAN Para Games 2023 Kamboja (Dok.Istimewa)

Sprinter Indonesia peraih emas Eko Saputra bersyukur bisa meraih emas. Meski harus diadang hujan dan angin. 

“Alhamdulillah, medali emas itu sesuai target Eko dan satu medali emas tercapai. Semoga medali emas lainnya bisa terwujud juga. Catatan waktu Eko torehkan di heat (penyisihan) itu 11,17 detik sedangkan di final 11,20 detik dikarenakan cuaca hujan deras dan angin. Tapi, tidak apa-apa kemudahan diberi oleh Allah,” jelas Eko.

3. NPC Sumut targetkan atletnya sumbang 16 emas

Atlet Sumut Sudah Sumbang 7 Emas di ASEAN Para Games KambojaKetua NPC Sumut yang juga pelatih atletik Indonesia Alan Sastra Ginting (kanan) (Dok.Istimewa)

Ketua NPC Sumut, Alan Sastra Ginting mengapresiasi perjuangan atlet yang tampil maksimal di APG Kamboja.

“Mudah-mudahan target 16 emas bisa terwujud di APG kali ini. Sejauh ini, memang pencapaian mereka masih sesuai target awal,” kata Alan.

Sementara itu, sejumlah atlet Sumut masih berpeluang menyumbangkan medali di hari keempat APG Kamboja, Selasa (6/6/2023) hari ini.

Hingga Senin (5/6/2023) malam, Indonesia berada di puncak klasemen medali APG 2023 dengan torehan 63 medali emas, 46 perak dan 32 perunggu. 

Baca Juga: Kejurwil Barat, Judo Sumut Rebut 2 Emas, 5 Perak dan 10 Perunggu

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya