Atlet Judo Sumut Borong Medali di Penang Invitational Championship

Bawa 5 emas, 4 perak dan 2 perunggu

Medan, IDN Times- Atlet judo Sumatra Utara mencatat prestasi membanggakan di ajang internasional Penang Invitational Championship di Pulau Pinang, Malaysia 9-10 Desember 2023. Sumut meraih 5 medali emas, 4 perak dan 2 perunggu di ajang yang diikuti para pejudo Asia Tenggara tersebut.

Ketua Pengprov Persatuan Judo Seluruh Indonesia (PJSI) Sumatra Utara Muhammad Arief Fadhillah yang turut mendampingi atlet di Penang mengatakan sangat bangga dengan prestasi atlet. Menurunkan 13 atlet, semuanya membawa pulang medali.

"Target kami sebenarnya medali saja, tapi ternyata ada peluang dan Alhamdulillah kami bisa bawa pulang 11 medali di sini," kata Arief, Senin (11/12/2023).

1. Atlet kata sumbang 1 emas dan 1 perunggu

Atlet Judo Sumut Borong Medali di Penang Invitational ChampionshipAtlet ju no kata Sumut meraih medali perunggu di Penang Invitational Championship di Malaysia (Dok.PJSI Sumut)

Hasil ini di luar dari ekspektasi. Soalnya pada ajang sebelumnya tahun lalu di Penang, Sumut hanya membawa pulang 1 perak.

Emas pertama diraih lewat nage no kata yang menurunkan Fadli Ardiansyah Manik dan Krisjon Parningotan Simorangkir. Mereka sukses mengumpulkan poin tertinggi 361.

Sementara untuk atlet ju no kata yang diperkuat Redinda Syahira dan Mutiara Ocean Sinaga meraih perunggu.

"Untuk kata banyak kemajuan dan juga dapat pelajaran berharga dari ketua dewan juri kata Asia Tenggara yg berasal dari Vietnam," jelas Arief.

Pada hari pertama atlet Sumut juga meraih medali emas di tingkat senior putri -44 kg lewat Dwi Paramitha Suhendra dan -78 kg lewat Helena Susyen.

2. Seharusnya bisa dapat 6 emas, tapi kalah kontroversial dari atlet tuan rumah

Atlet Judo Sumut Borong Medali di Penang Invitational ChampionshipInara Ayumna Juanda (tengah) dan Geraldine Sirait (kiri) meraih emas dan perak di Penang Invitational Championship di Malaysia (Dok.PJSI Sumut)

Berikutnya pada hari kedua Minggu (10/12/2023), medali emas kembali diriah pada cadet -20 kg lewat Inara Ayumna Juanda, sementara perak diraih Geraldine Sirait. Sementara di cadet kelas -24 kg, Shafa Ginting meraih perunggu.

Di kelas youth -42 kg diraih Genio Sirait medali medali perak. Sementara untuk junior -60 kg Nicholas Abednego Marbun meraih medali emas setelah mengalahkan wakil Malaysia.

Sementara Adelia Sari Lubis meraih perak di nomor junior -48 kg.

Sayangnya di kelas junior -55 kg, medali emas yang seharusnya diraih Damara Raditya Ramadhan gagal meski dirinya sudah menjatuhkan wakil Malaysia di final dengan ippon.

"Medali emas juga seharusnya diraih Damara tapi dianulir dan itu kekalahan kontroversial, sehingga kita harus puas dengan perak. Ini sangat kita sayangkan. Sebelumnya Damara juga mengalahkan wakil timnas Malaysia di babak awal," tambah Arief.

 

3. Modal bagus untuk persiapan PON 2024

Atlet Judo Sumut Borong Medali di Penang Invitational ChampionshipAtlet Sumut di Penang Invitational Championship di Malaysia (Dok.PJSI Sumut)

Ia mengatakan secara keseluruhan sangat puas dengan hasil yang diraih atlet Sumut di kejuaraan internasional ini. Terutama untuk atlet pelatda untuk persiapan PON 2024.

"Ini jadi modal bagus untuk persiapan PON 2024, karena atlet menunjukkan banyak peningkatan. Kita juga menunjukkan regenerasi yang baik dengan pembinaan usia dini di tingkat cadet, youth dan junior," pungkasnya.

Baca Juga: PJSI Sumut Turunkan 13 Atlet di South East Asia Judo Championship

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya