APRC dan Kejurnas Reli 2019 Resmi Start, FIA: Next Kejuaraan Dunia

Pereli Italia penasaran segera berlomba

Deli Serdang, IDN Times - Ajang Asian Pasific Rally Indonesia (APRC) 2019 yang dirangkai dengan Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Seri I dan II resmi start, di Alun-alun Lapangan Pemkab Deli Serdang, Jumat (26/7). Para pereli akan mulai menjajal lintasan Sirkuit Rambung Sialang, Serdang Bedagai pada Sabtu (27/7) dan Minggu (27/7).

Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi resmi melepas para peserta yang langsung menggeber mobil tunggangannya. Termasuk Wagub Sumut Musa Rajekshah yang turut menjadi peserta.

Kejuaraan ini diikuti 62 peserta yang diramaikan pembalap nasional dan satu pembalap dari Italia. Setelah even ini Sumut menargetkan kembali jadi tuan rumah untuk even yang lebih bergengsi yakni World Rally Championship (WRC) 2019.

1. Berharap jadi tuan rumah yang baik

APRC dan Kejurnas Reli 2019 Resmi Start, FIA: Next Kejuaraan DuniaIDN Times/Doni Hermawan

Gubernur Sumatera Utara mengatakan Asian Pasific Rally Championshio (APRC) ini akan menjadi pembuktian jika Sumut layak menggelar even internasional seperti terdahulu.

"Ini reli terbesar, pesertanya saja sampai 62 peserta. Dari Italia ada satu peserta. Kami usahakan tahun 2022 akan ada kejuaraan dunia reli. Kita siapkan lintasannya sampai Parapat sana. Nanti akan kami pelajari," kata Edy.

"Kami harapkan dari even-even ini bisa memperkenalkan Sumut begitu pantas didatangi wisatawan dan menggelar even-even internasional. Kita berjuang memamerkan keindahan kita saya harapkan dari tuan rumah yang baik," tambah Edy.

Baca Juga: 5 Fakta tentang Kejuaraan Internasional APRC dan Kejurnas Reli 2019

2. FIA pertimbangkan Sumut untuk WRC ke depannya

APRC dan Kejurnas Reli 2019 Resmi Start, FIA: Next Kejuaraan DuniaIDN Times/Doni Hermawan

Sumatera Utara tentu bukan kali ini saja menggelar even internasional. Tahun 1997 Sumut bahkan sukses menggelar even reli dunia WRC. Mulai dari Medan, Deli Serdang, Sergai, Tebing Tinggi, Pematang Siantar dan Parapat, menjadi arena lintasan yang dijajal para pereli.

"FIA mempertimbangkan berikutnya bagi Sumut menjadi tuan rumah WRC," Chairman Stewart FIA, Wayne Scott ,Jumat (26/7).

Sementara Wakil Gubernur Sumut, Musa Rajekshah mengatakan untuk menggelar kejuaraan dunia pihaknya harus mempersiapkan banyak hal.  "Untuk menjadi tuan rumah event kejuaraan dunia, tidak segampang yang kita bayangkan. Beberapa gelar APRC baru bisa gelar kejuaraan dunia. Kita juga harus persiapkan seperti kemanan atau safety, harus dilihat juga lintasan dan juga peran pemerintah daerah. Mulai dari rumah sakit, dan pengamatan melalui helikopter, helipad dan juga segala sesuatunya," ungkapnya.

3. Pereli Italia tak sabar jajal trek

APRC dan Kejurnas Reli 2019 Resmi Start, FIA: Next Kejuaraan Dunia

Pereli Italia Fabio Frisiero menjadi pembeda pada even reli ini. Fabio mengaku penasaran dengan trek yang ada.

"Keinginan yang membuat saya tertarik untuk ikut reli disini adalah karena penduduknya baik dan juga karena kami mencari lintasan yang berbeda dari lainnya. Dan karena itu kenapa saya ikut reli ini," kata Fabio.

 

4. Para pereli nasional dan tunggangannya

APRC dan Kejurnas Reli 2019 Resmi Start, FIA: Next Kejuaraan DuniaIDN Times/Doni Hermawan

Sementara itu ketua panitia lomba Elwin Siregar menjabarkan kegiatan ini akan diikuti 62 peserta.  Para pereli mengikuti APRC yang telah memasuki putaran ke V yang sekaligus dirangkai kejurnas rally series 1 dan 2 tahun 2019. Kejurnas rally diikuti 61 peserta, sedangkan APRC diikuti 5 peserta.

Sejumlah pereli nasional ikut serta seperti juara Kejurnas Ryan Nirwan (Kalimantan Timur) yang berpasangan dengan navigator Garinda Kesuma (DKI) dari BRM Motorsport yang menggeber mobil Subaru WRX, selain itu ada Subhan Aksa dan Mago Sarwono (FBRT Sport) yang menggeber Mitsubishi Lancer Evo X, Rizky Prayoga dan Donny Wardono (HRVRT BGM HBM BMB Rally Team) dengan Mitsubishi Lancer Evo X.

Sementara pereli Sumut yang berpartisipasi antara lain Ijeck berpasangan dengan Heri Kuntoyo (Bla Bla Bla Motor Sport), Benny Lautan dan Edwin Nasution (RFT Motorsport) dan lainnya.

5. Dibagi dalam beberapa kelas

APRC dan Kejurnas Reli 2019 Resmi Start, FIA: Next Kejuaraan DuniaIDN Times/Doni Hermawan

Beberapa kelas yang diperlombakan adalah kelas M1, kelas M2, J2, J3, F3, R2 dan R3. Para peserta berasal dari Sumatera Utara, DKI Jakarta, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, Jawa Barat, Jawa Timur, dan Banten.

Baca Juga: Porprov Sumut Usai, Ijeck Berharap Regenerasi Atlet Terjadi

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya