AFC Grassroots Football Day di Medan Diikuti 250 Anak Usia Dini

Hadirkan 27 instruktur sepak bola berbagai daerah

Medan, IDN Times- AFC Grassroot Football Day 2024 digelar di Medan. Gawean ini digelar PSSI bekerja sama dengan Asprov PSSI Sumut di Lapangan TD Pardede, Kota Medan, Sabtu (25/5/2024).

AFC Grassroots Football Day menyelenggarakan coaching clinic atau pelatihan dengan 250 pesepakbola usai dini dan juga 27 instruktur sepak bola dari berbagai daerah.

1. Anak usia dini tujuannya bermain bola, bukan prestasi

AFC Grassroots Football Day di Medan Diikuti 250 Anak Usia DiniAFC Grassroot Football Day 2024 di Stadion TD Pardede Medan, Sabtu (25/5/2025) (Dok.Asprov PSSI Sumut)

Plt Ketua Asprov PSSI Sumut, Arya Sinulingga mengatakan, pelatihan bagi anak usia dini lewat AFC GS Rood bertujuan memberikan dasar-dasar bagaimana sebuah festival grassroot. Dalam hal ini, para anak dibebaskan untuk bermain bukan berorientasi pada olahraga prestasi.

"Karena selama ini anak-anak ini sudah disuruh untuk yang namanya olahraga prestasi. Padahal sebenarnya usia mereka masih usia untuk bermain-main gitu," kata Arya.

"Makanya kita bawa ke sini kegiatan AFC Grassroot sehingga orang tua semua tahu, pelatih-pelatih juga tahu bahwa mereka memang usianya usia bermain-main bukan untuk sampai berprestasi. Bukan harus di pemain bola nggak, tapi main bola adalah bermain-main gitu," lanjutnya.

2. Asprov PSSI Sumut akan menggalakkan even usia dini

AFC Grassroots Football Day di Medan Diikuti 250 Anak Usia DiniAFC Grassroot Football Day 2024 di Stadion TD Pardede Medan, Sabtu (25/5/2025) (Dok.Asprov PSSI Sumut)

Arya mengatakan pembinaan sejak usai dini dapat dilakukan agar mereka memiliki motivasi. Asprov Sumut pun kata dia berencana untuk melakukan event terkait pembinaan sepak bola usai dini.

Arya berharap hadirnya AFC Grassroot di Sumut dapat membangkitkan sepak bola di masa mendatang.

"Untuk anak-anak nanti ada tahapan berikutnya dimana mereka akan berprestasi tuh tahapan berikutnya. Tapi sekarang kita hadirkan di Sumatera Utara," sebutnya.

Kita harap nanti ini juga bisa kita kembangkan di daerah-daerah kabupaten lainnya di Sumatera Utara. Jadi semoga Acara grassroot ini memajukan sepakbola Sumatera Utara."

3. Peserta merupakan pesepak bola usia dini melibatkan seluruh negara peserta AFC

AFC Grassroots Football Day di Medan Diikuti 250 Anak Usia DiniAFC Grassroot Football Day 2024 di Stadion TD Pardede Medan, Sabtu (25/5/2025) (Dok.Asprov PSSI Sumut)

Para peserta merupakan anak berusia 11-12 tahun yang datang dari sekolah dan sekolah sepak bola di Sumat ra Utara.Yosephine Sembiring Panitia AFC Grasroots mengatakan, tahun ini, Sumut terpilih menjadi tuan rumah AFC Grassroot 2024. Even ini melibatkan seluruh negara peserta AFC dan dilakukan setiap tahunnya.

"Jadi festival untuk anak anak grassroot untuk negara negara AF, dan dilakukan tiap tahun. Pada tahun ini Sumut menjadi tuan rumah dan kita laksanakan di Medan. Peserta dari daerah di Sumut, dari sekolah dan club SSB seperti Deliserdang, Sidikalang, Karo, Asahan untuk ikut," kata Yosephine, Sabtu (25/5/2024).

Yosephine mengatakan, para pemain usai dini perlu pembinaan serta dorongan agar dapat bermain dan memahami sepak bola. Kegiatan ini positif untuk para pemain muda.

"Anak anak belajar, bermain sepak bola. Karena sejatinya anak anak itu bermain, bukan berkompetisi. Jadi kita beri mereka motivasi dan terus ajarkan bagaimana bermain sepak bola sehingga bisa jadi pemain profesional," kata Yosephine.

Baca Juga: 7 Atlet Judo Sumut Dipanggil Perkuat Indonesia Ikut Kejuaraan di Bali

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya