71 Pejudo dari 11 Kabupaten/Kota Ikuti Popprov Sumut

Seleksi menuju Popnas 2025

Medan, IDN Times- Judo menjadi satu dari 8 cabang yang dipertandingkan di Pekan Olahraga Pelajar Provinsi (Popprov) Sumatra Utara 2024. Gawean ini digelar di Padepokan Judo Sumut di Jalan Gaharu, Rabu-Kamis (3-4 Juli 2024).

Sebanyak 71 atlet dari 11 kabupaten/kota berpartisipasi dalam Popprov Sumut ini.

1. Medan terbanyak kirimkan atlet

71 Pejudo dari 11 Kabupaten/Kota Ikuti Popprov SumutAksi pejudo di Pekan Olahraga Pelajar Provinsi Sumut di Padepokan PJSI Sumut, Rabu (3/4/2024) (IDN Times/Doni Hermawan)

Daerah-daerah yang ikut menerjunkan atletnya antara lain Medan, Binjai, Deli Serdang, Dairi, Tebing Tinggi, Serdang Bedagai, Humbahas, Padangsidimpuan, Karo, Tanjungbalai dan Tapanuli Utara. 

Medan menjadi yang terbanyak mengirim atlet dengan 14 atlet disusul Deli Serdang (11), Padangsidimpuan dan Dairi (8).

2. Selain seleksi Popnas juga, memersiapkan pelatda jangka panjang

71 Pejudo dari 11 Kabupaten/Kota Ikuti Popprov SumutKetua Umum Pengprov PJSI Sumut M Arief Fadhillah (IDN Times/Doni Hermawan)

Porprov Sumut cabor judo dibuka Ketua Umum Pengprov PJSI Sumut Muhammad Arief Fadhillah. Dalam sambutannya, Arief berharap para pejudo bisa bersaing untuk memerebutkan tiket ke Popnas. Dia bersyukur cabor judo bisa dipertandingkan.

"Selain untuk Popnas, kita juga mencari bibit atlet untuk pelatda jangka panjang untuk PON berikutnya. Karena memang seperti kali ini kita sudah mulai pelatda mandiri lebih dulu. Artinya bukan tidak mungkin atlet yang berlaga di sini ke depannya akan mengisi itu," kata Arief.

Menurutnya PJSI Sumut selalu menerapkan promosi dan degradasi. Artinya atlet yang prestasinya menurun bisa tergusur. "Makanya, atlet tidak itu-itu saja. Apalagi saat ini banyak bibit dari daerah yang mulai bergeliat membangkit judo," katanya.

Dalam kesempatan itu Arief secara simbolis juga menyerahkan judogi kepada pengcab-pengcab yang ada. 

3. Judo Sumut berkembang pesat

71 Pejudo dari 11 Kabupaten/Kota Ikuti Popprov SumutJohn Erick Purba dari Dispora Sumut saat memantau Popprov cabor judo (IDN Times/Doni Hermawan)

Kadispora Sumut Baharuddin Siagian diwakili Sekretaris Poprov Sumut Johan Erik Purba dalam sambutannya memuji perkembangan pesat olahraga judo di Sumut. Dia berharap para atlet dari daerah bisa bekerja keras demi bisa lolos mewakili Sumut di Popnas.

"Bibit-bibit judo potensial bertarung di Popprov Sumut ini diharapkan nantinya bisa bersaing hingga lolos ke Popnas," kata John didampingi Kabud Pembudayaan Olahraga Maimun Masri.

Sementara itu Ketua panitia Eka Setia Wirawan Siregar mengatakan, ada beberapa teknik di tingkat senior yang tidak diperbolehkan dimainkan di tingkat pelajar ini. 

"Babak final akan digelar hari ini Kamis (4/7/2024) mulai siang. Saya melihat banyak pejudo-pejudo yang baru muncul di daerah dan ini menjadi perkembangan bagus untuk olahraga judo," pungkasnya.

Baca Juga: PJSI Sumut Dapat Bantuan Judogi dari Konjen Jepang dan Senior Judo

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya