4 Atlet Judo Sumut Wakili Indonesia Ikuti Southeast Asia di Bali

Atlet nonpelatnas dipanggil berdasar prestasi 2023

Medan, IDN Times- Empat Atlet Judo Sumut Wakili Indonesia di Kejuaraan Southeast Asia Championship yang digelar di Yudomo Sporthall Asrama Praja Raksaka, Pemogan.
Denpasar, Bali, 30 Mei-2 Juni 2024. Keempat atlet tersebut adalah Winner Panggabean, Nanda Banurea, Helena Susyen dan Nicholas Abednego Marbun.

Hal itu dibenarkan Ketua Pengrov Persatuan Judo Seluruh Indonesia (PJSI) Sumatra Utara Muhammad Arief Fadhillah.

"Ada 4 atlet Sumut yang akan ikut kejuaraan internasional di Bali. Dua pelatnas, dan 2 nonpelatnas. Memang ada beberapa non pelatnas yg diikutkan sama PB PJSI berdasarkan prestasi selama 2023," kata Arief, Senin (25/3/2024).

1. Helena Susyen dan Nicholas raih emas di Penang Invitational Championship

4 Atlet Judo Sumut Wakili Indonesia Ikuti Southeast Asia di BaliAksi pejudo Sumut Helena Susyen pada Kejurnas Kasad Cup 2023 di Hall Basket Senayan, Jakarta (IDN Times/Doni Hermawan)

Diketahui Winner dan Nanda Banurea memang sudah menjadi penghuni pelatnas judo Indonesia sejak 2 tahun terakhir. Sementara Helena Susyen sempat masuk pelatnas. Nicholas sendiri juga sempat dikirim untuk berlatih mandiri di pelatnas Ciloto.

Sepanjang 2023, Helena dan Nicholas menunjukkan prestasi bagus di berbagai ajang baik nasional maupun internasional. Seperti di Penang Invitational Championship, Nicholas meraih emas di kelas -60 kg putra.

Begitu juga Helena yang menjuarai -78 kg senior putri di ajang yang sama. Sementara di Kasad Cup, Nicholas dan Helena meraih perunggu.

2. Winner dan Nanda meraih emas di Kejurwil Barat

4 Atlet Judo Sumut Wakili Indonesia Ikuti Southeast Asia di BaliWinner Felix Panggabean meraih perunggu Thailand Open (Dok.Winner Panggabean)

Sebelumnya di Kejurnas Pelajar dan Mahasiswa di Bandung, Helena Susyen meraih medali emas dan Nicholas perunggu. Di ajang ini Winner Panggabean juga meraih perunggu. Sementara saat Kejurwil Barat di Lubuklinggau, Nicholas meraih perunggu, Helena meraih perak.

Sementara duo pelatnas Winner dan Nanda meraih emas di Kejurwil Barat. Nanda yang memerkuat Indonesia di Thailand Open Championship pada 2023 meraih perak. Di ajang yang sama Winner meraih medali perunggu.

3. Ajang ini bagus untuk menambah jam terbang atlet Sumut

4 Atlet Judo Sumut Wakili Indonesia Ikuti Southeast Asia di BaliKetua PJSI Sumut M Arief Fadhillah (IDN Times/Doni Hermawan)

Arief mengatakan ajang ini bagus agar para atlet Sumut meraih jam terbang sebelum PON. Apalagi lawannya dari berbagai negara.

"Semoga bisa membawa nama baik dan memberi prestasi untuk Indonesia dan menunjukkan bahwa Judo Sumut sekarang sudah bangkit dan siap berprestasi pada PON XXI," kata Arief.

Baca Juga: Resmi Plt Ketua Asprov PSSI Sumut, Arya Sinulingga Diminta Gelar KLB

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya