18 Pembalap akan Turun di F1 Powerboat 2024, Start Dipercepat ke Pagi

Belajar dari pengalaman soal kondisi angin di Danau Toba

Medan, IDN Times- Dalam waktu kurang dari 2 pekan lagi, tepatnya 2-3 Maret 2024 ajang balap air bertajuk F1H2O atau dikenal dengan F1 Powerboat 2024 akan mentas kembali di Danau Toba. Untuk tahun ini, sebanyak 18 pembalap dari 9 tim akan turun bertanding.

Hal itu diungkap Deputy CEO MGPA F1 Powerboat Lake Toba 2024, Samsul Purba. Seperti tahun lalu seri Danau Toba ini merupakan seri pembuka kalender F1H2O 2024.

"Diikuti 18 pebalap dari 9 tim dari luar negeri. Selain itu, F1 Powerboat seri Danau Toba tahun ini," ucap Samsul Purba saat sesi konferensi pers di Pos Bloc, Kamis (22/2/2024).

1. Line up pembalap tak jauh berbeda dengan tahun lalu

18 Pembalap akan Turun di F1 Powerboat 2024, Start Dipercepat ke PagiKonferensi pers F1 Powerboat Danau Toba 2024, Kamis (22/2/2024) (IDN Times/Doni Hermawan)

Samsul mengatakan, line up pembalap tahun ini tak jauh berbeda dengan tahun lalu. "Hanya saja ada perubahan dengan salah satu tim yang dibeli Vietnam," kata Samsul.

Yang dimaksud Samsul tim Bind Dinh Vietnam. Tim ini diperkuat juara dunia Jonas Andersson asal Swedia.Selain itu line up lainnya ada Stefan Arand asal Swedia.

Selain itu dari sisi teknis, pihaknya juga belajar dari pengalaman tahun lalu. Saat itu start sempat molor karena angin. Rencana membuat dua seri lomba juga gagal karena faktor cuaca itu sehingga tetap satu seri.   

"Nah, tahun ini kita pelajari Danau Toba kalau sudah ke tengah hari anginnya tinggi. Untuk itu kejuaraan kita geser ke pagi. Jadinya sebelum jam 12 sudah selesai untuk F1 Powerboat, karena kalau pagi hari air masih tenang, baru kemudian kita lanjutkan dengan Kejurnas jetski Aquabike," ucap Samsul. 

Baca Juga: Profil Jonas Andersson, Juara Bertahan F1H2O 2023

2. Trek rencananya dibuat lebih dekat ke darat

18 Pembalap akan Turun di F1 Powerboat 2024, Start Dipercepat ke PagiKonferensi pers F1 Powerboat 2024 di Pos Bloc Medan, Kamis (22/2/2024) (IDN Times/Doni Hermawan)

Selain itu untuk sirkuit juga menurutnya tak jauh berbeda. Hanya saja ada rencana perubahan untuk lebih dekat ke darat.

"Kita usulkan lebih dekat ke darat. Tapi masih belum ada persetujuan. Mungkin ketika mereka datang dan melihat langsung, harapannya bisa digeser 10 meter," tambahnya.

Untuk tahun ini pihaknya juga akan membuat pengamanan lebih longgar dan terbuka sehingga warga lebih dekat untuk bisa menyaksikan.

Tahun ini kejuaraan dirangkai dengan Kejurnas jetski Aquabike. Infonya untuk Kejurnas Aquabike ini juga ada 18 pebalap dari 9 tim yang konfirmasi. 

Lebih lanjut, Samsul Purba menambahkan, terdapat pula ajang balapan lokal untuk mengangkat kembali tradisi masyarakat batak yakni kompetisi Solu Bolon atau perahu naga.

"Kompetisi ini dilombakan pada hari pertama dan final di hari kedua yang diikuti oleh masyarakat sekitar Danau Toba. Ada hadiah untuk lomba Solu Bolon ini," tutupnya.

3. Upaya membenahi kejuaraan semakin baik setiap tahun hingga 2027 mendatang

18 Pembalap akan Turun di F1 Powerboat 2024, Start Dipercepat ke PagiKonferensi pers F1 Powerboat 2024 di Pos Bloc Medan, Kamis (22/2/2024) (IDN Times/Doni Hermawan)

Dalam kesempatan itu turut hadir secara daring Raimondo di San Germano, Marketing & Business Development Director H2O Racing.

Untuk menggaungkan even, kejuaraan melibatkan para influencer. Pada konferensi pers kemarin juga diramaikan salah satu pemeran film 'Agak Laen' yaitu Oki Rengga, serta dua konten kreator asal Medan, yakni Wanda dan Ilham.

Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata InJourney, Maya Carolina Watono mengatakan perhatian akan tertuju ke Danau Toba nanti. Apalagi F1 Powerboat akan mentas di Indonesia sampai 2027 mendatang.

"Event ini bakal ada 180 juta warga dunia yang menonton. Sehingga kita tidak hanya sajikan internasional race, tapi tampilkan budaya kita atau culture kita," kata Maya Watono.  

Sebelumnya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno dalam sesi virtual zoom mengatakan event ini bisa melahirkan multiplier effect bagi ekonomi nasional maupun lokal. Terutama bisa mencapai target 20-25 persen. Pihaknya juga terus melakukan pelatihan bagi pelaku ekonomi kreatif di kawasan Danau Toba, baik produk kuliner, kriya, maupun fashion.

"Dukungan kami dengan seluruh kementerian agar ajang Powerboat nanti bisa berdampak pada ekonomi sebesar Rp500 miliar. Kami bersama semua stakeholder untuk memajukan terus wisata Danau Toba di mata dunia,” ujar Sandiaga.

Sementara,Staf Ahli Gubernur Bidang Hukum, Politik dan Pemerintahan, Muhammad Armand Effendy Pohan mengatakan, kehadiran ajang ini tentu sangat mendukung pertumbuhan ekonomi khususnya bidang pariwisata. Termasuk perekonomian daerah di 7 kabupaten/kota yang berada di sekitar wilayah Danau Toba. 

“Tahun lalu uang yang beredar di Sumut pada gelaran Powerboat 2023 sebesar Rp391 miliar. Tahun ini sesuai target pak menteri harus bisa capai Rp500 miliar. Kita juga ingin ajang ini berdampak bagi ekonomi masyarakat lokal,” ucap Effendy.

Baca Juga: F1 Powerboat Diyakini Mampu Menaikan Trafik Wisatawan di Toba

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya