Jadi Venue Gulat PON 2024, GOR Binjai Direnovasi dengan Biaya Rp2,9 M

Baru dimulai pekan lalu, diyakini September tuntas

Binjai, IDN Times - Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut akan dilaksanakan pada 8-20 September mendatang. Sejumlah daerah di Sumatera Utara (Sumut) termasuk Kota Binjai, dipilih menjadi salah satu lokasi atau venue untuk pertandingan gulat yang akan dilaksanakan di Gedung Olahraga (GOR).

Saat ini gelandang olahraga itu sudah dimulai dipugar.

1. GOR Binjai mulai dilakukan perbaikan

Jadi Venue Gulat PON 2024, GOR Binjai Direnovasi dengan Biaya Rp2,9 Milustrasi bela diri gulat (pexels.com/Hugazo Boss)

Agar pelaksanaan pertandingan gulat berjalan dengan baik, Pemerintah Kota (Pemko) Binjai pun terpantau melakukan perbaikan terhadap GOR Rambung di Jalan Jambi, Kecamatan Binjai Selatan, Kota Binjai, Sumatera Utara.

“Persiapan yang sedang dilakukan menyambut PON salah satunya melakukan rehabilitasi GOR Rambung oleh PUPR Kota Binjai,” kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kadispora Iwan Setiawan, Kamis (4/7/2024).

2. Rehabilitasi diharapkan selesai pada September 2024 ini

Jadi Venue Gulat PON 2024, GOR Binjai Direnovasi dengan Biaya Rp2,9 MPj Gubernur Sumut Agus Fatoni saat meninjau Sport Centre Sumut untuk PON 2024 (dok.istimewa)

Rehabilitasi ini, sebutnya, diharapkan dapat selesai pada September 2024, sehingga venue pertandingan gulat bisa digunakan sebagaimana mestinya 

"Persiapan masih on the track sesuai dengan yang direncanakan. Untuk jumlah atlet sebanyak 210 orang, official 84 orang, dan panpel 102 orang, dengan total  396 orang," papar dia.

3. Memakan anggaran 2,9 miliar, ini beberapa item yang akan direhabilitasi

Jadi Venue Gulat PON 2024, GOR Binjai Direnovasi dengan Biaya Rp2,9 MPj Gubernur Sumut jumpa Menpora Dito di Jakarta, bahas PON 2024. (Dok. Istimewa)

Terkait penginapan, lanjut Iwan, tidak disiapkan oleh Pemko Binjai atau menjadi tanggungjawab masing-masing official. Sedangkan sarana dan prasarana pertandingan disiapkan oleh Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional (PBPON). "Pemko Binjai hanya menyiapkan venue pertandingan dan panitia daerah," beber dia.

Sementara itu, Royto, Kabid Cipta Karya PUPR Binjai, mengakui renovasi GOR Rambung Binjai sudah dilaksanakan sejak pekan lalu dengan anggaran Rp2,9 miliar,

"Rehab di bagian kursi penonton, lantai, tanki air, cat dan beberapa lainnya," kata Royto.

Sesuai dengan kontrak, sebut Royto, pengerjaan akan dilakukan selama 120 hari kerja. "Yang pasti, awal September sudah bisa digunakan," tegas dia.

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya