Sumut Tambah 1 Medali Emas dari Nomor Barongsai Tradisional PON 2024

Sumut kantongi 4 medali emas dari 10 nomor yang dilombakan

Deli Serdang, IDN Times - Provinsi Sumatera Utara (Sumut) berhasil merajai nomor Barongsai Tradisional cabang Olahraga Barongsai pada ajang PON XXI di Martial Art Arena, Kabupaten Deli Serdang, Sumut, Jumat (6/9/2024). Sejumlah tim kuat mampu dibenamkan Sumut yang tampil tanpa kesalahan.

Sumut berhasil mendulang tambahan medali emas di ajang PON 2024 setelah tim Barongsai Tradisional meraih juara pertama. Medali emas diraih tim Sumut dengan perolehan nilai mencapai 9,17.

Nilai itu melampaui tim-tim kuat lain di nomor ini, seperti dari provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Banten, Kalimantan Barat (Kalbar), Jawa Timur (Jatim) dan DKI Jakarta. Sumbar hanya mampu memperoleh nilai akhir sebesar 7,80, Banten 8,56, Kalbar 8,99, Jatim 9,01 dan DKI Jakarta yang akhirnya hanya mendapat nilai 9,05.

Tingginya perolehan nilai tim Barongsai Tradisional Sumut tidak lepas dari penampilan apik mereka saat bertanding. Turun dengan warna barongsai putih bercorak merah, berbagai aksi dengan tingkat kesulitan tinggi juga mampu diselesaikan Sumut tanpa kesalahan.

Tim Jatim sebenarnya juga tampil tanpa kesalahan, tetapi harus puas menyabet medali perunggu karena kalah dari sisi keapikan penampilan. Sedangkan tim DKI Jakarta tetap mampu membawa pulang medali perak meski sempat membuat kesalahan.

Sejak detik awal tampil, tim Sumut sudah terlihat agak beda. Para personel tambur atau musik berada di atas properti menyerupai batu datar bertingkat yang menjadi panggung kecil mereka.

Sementara semua tim tambur dari provinsi lain berada di lantai pertandingan. Sumut juga paling banyak menggunakan tambur yang mencapai enam buah, sedangkan daerah lain hanya menggunakan satu sampai tiga tambur.

Davin Tehjo (kepala) dan Candra Salim (kaki) juga terlihat meyakinkan saat melakukan berbagai gerakan barongsai, termasuk yang tersulit sekalipun. Seperti saat berdiri dan berputar dengan pijakan hanya dua bilah bambu, serta ketika melompati properti-properti berbentuk batu.

Dengan kemenangan ini ini Sumut sudah menjuarai empat dari 10 nomor yang dipertandingkan dalam cabang olahraga Barongsai di ajang PON XXI. Sebelumnya, Sumut juga sudah memenangkan nomor Naga Kecepatan, Pekingsai Taolu Bebas dan Naga Halang Rintang.

Baca Juga: Tim Barongsai Sumut Tambah 1 Emas dari Nomor Naga Halang Rintang

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya