Comscore Tracker

Porkot Medan Digelar September, Akan Pertandingkan 35 Cabang Olahraga

3.892 atlet dari 21 kontingen akan bersaing

Medan, IDN Times - Gelaran Pekan Olahraga Kota (Porkot) Medan XI Tahun 2019 kian mendekat. Event yang mempertandingkan 35 cabang olahraga (cabor) ini akan bergulir 7-14 September mendatang.

Sebanyak 35 Pengcab olahraga yang bernaung di bawah KONI Medan pun sudah menyatakan kesiapan menggelar pertandingan. Hal itu dinyatakan dalam rapat persiapan Porkot Medan 2019 di Aula KONI Medan, Kamis (15/8).

1. Diikuti 3.892 atlet dari 21 kontingen

Porkot Medan Digelar September, Akan Pertandingkan 35 Cabang OlahragaDok. IDN Times/IStimewa

Ketua Umum KONI Medan Drs Eddy H Sibarani mengatakan, Porkot Medan tahun ke-11 ini diikuti 3.892 atlet. Para atlet berasal dari 21 kontingen se-kecamatan di Kota Medan.

"Jika ditambah pelatih dan ofisial, ada hampir 5.000 orang yang terlibat dalam Porkot ini," ucap Eddy

"Event ini sudah berlangsung sejak 2009 silam, tahun ini sudah yang ke-11 beruntun dilakukan. Untuk itu kita punya keharusan agar Porkot 2019 ini lebih sukses dari pelaksanaan yang sudah-sudah. Dan kami tidak ragu dengan komitmen pengcab dan KONI Kecamatan untuk hal ini," jelasnya.

Baca Juga: Kisah Bonatua, Gagal Tes Masuk Polisi Malah Sukses di Cabor Kickboxing

2. Momen awal jaring atlet persiapan ke PON XXI Tahun 2024

Porkot Medan Digelar September, Akan Pertandingkan 35 Cabang OlahragaDok. IDN Times/IStimewa

Menurut Eddy, Porkot Medan kali ini strategis karena menjadi wadah awal untuk menjaring atlet-atlet Kota Medan dalam persiapan PON XXI tahun 2024. Pada PON tersebut bertepatan saat Sumut menjadi tuan rumah bersama Aceh.

"Saat Sumut menjadi tuan rumah bersama PON pada 2024, kita harus sukseskan sebagai penyelenggara dan juga prestasi. Mulai tahun ini kita menjaring atlet, dan dalam empat lima tahun ke depan kita mempersiapkannya bersama KONI Sumut," tuturnya.

"Persiapannya dimulai dari Porkot Medan 2019 ini sebagai seleksi awal. Karena atlet-atlet utama Kota Medan yang ada sekarang sudah bersiap mengikuti Pra PON 2020 bersama kontingen Sumut untuk mendapatkan tiket berlaga di PON XX yang berlangsung di Papua," sambungnya.

3. Bertepatan dengan Haornas, berbagai atraksi disiapkan

Porkot Medan Digelar September, Akan Pertandingkan 35 Cabang OlahragaDok. IDN Times/IStimewa

Menurut Eddy, Porkot XI juga menjadi istimewa karena pelaksanaannya digelar bertepatan dengan peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) yang jatuh pada setiap 9 September. Makanya, Porkot tahun ini diyakini gaungnya akan semakin terasa terutama untuk insan olahraga.

"Ada banyak acara dan atraksi menarik disajikan pada hari pembukaan pada 7 September nanti untuk menghibur masyarakan yang datang langsung menyaksikannya di Stadion Teladan," terangnya lagi.

KONI Medan berharap semua pengcab dan kontingen bertekad mensukseskan ajang multi event olahraga ini. Tujuannya utama sudah jelas, demi mendukung Medan sebagai kota atlet.

Baca Juga: Resmi Diluncurkan di Medan, 10 Perbedaan Skutik Honda Genio & Scoopy

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Just For You