Barongsai Ketangkasan, Aceh Raih Medali Emas, Sumut Perunggu

Sumut sumbang empat emas dan satu perunggu dari Barongsai

Deli Serdang, IDN Times - Tim Barongsai Provinsi Aceh berhasil mempersembahkan medali emas dari cabang olahraga (Cabor) barongsai untuk kali kedua. Pada final nomor barongsai ketangkasan yang menjadi partai terakhir di Martial Arts Arena, Komplek Sport Center Sumut, Desa Sena, Deli Serdang, Minggu (8/9/2024) siang, tim Jawa Timur harus mengakui keunggulan Aceh yang mencatatkan waktu lebih baik.

Aceh meraih medali emas dengan catatan waktu 52 detik, sedangkan Jawa Timur terpaut dua detik lebih lama yakni 54 detik. Jawa Timur gagal mengulangi kesuksesan mereka meraih emas pada barongsai nomor kecepatan yang berlangsung sebelumnya di hari yang sama, Minggu (8/9/2024) pagi. 

Sementara itu bagi Aceh, medali emas ketangkasan itu seolah membalas kegagalan mereka di nomor kecepatan sebelumnya setelah hanya meraih perak, setelah dikalahkan Jawa Timur.

Di sisi lain, tim barongsai Sumatera Utara (Sumut) harus berbagi perunggu dengan Riau. Sumut di semi final takluk atas Jawa Timur, sementara Riau harus mengakui kecepatan tim Aceh 

Bagi Aceh, medali tersebut merupakan yang kedua diraih di cabor barongsai. Sejauh ini Aceh meraih dua emas, dua perak, tiga perunggu. Sedangkan Jatim meraih dua emas, satu perak, satu perunggu. Sumut meraih empat emas, satu perunggu.

Barongsai ketangkasan, Minggu (8/9/2024) menjadi nomor cabor barongsai ke-10 atau pamungkas yang dipertandingkan pada PON XXI Aceh-Sumut 2024. Sumut menjadi juara umum barongsai, disusul Aceh di tempat kedua dan Jawa Timur di peringkat ketiga.

Baca Juga: Sumut Tambah 1 Medali Emas dari Nomor Barongsai Tradisional PON 2024

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya