TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Api PON 2024 Mulai Dikirab dari Sabang

Kirab Api PON tradisi sakral sebagai simbol semangat

Kirab Api PON mulai digilir dari Kota Sabang, Aceh. (Dokumentasi Humas PB PON Ke-21 Aceh-Sumut 2024 Wilayah Aceh)

Banda Aceh, IDN Times - Kirab Api Pekan Olahraga Nasional (PON) Ke-21 Aceh-Sumatra Utara (Sumut) 2024 mulai digilir, Selasa (27/8/2024). Pelepasan rombongan dimulai dari Tugu Sabang Merauke, Kota Sabang, Aceh.

Seremonial kegiatan dimulai dengan penyerahan Api PON oleh camat Kota Sabang kepada Penjabat (Pj) Wali Kota Sabang, Andri Nourman. Ia kemudian menyerahkan api kepada tim pelari, menandai peluncuran kirab yang akan melintasi 23 kabupaten kota di Aceh.

1. Api diambil dari Gunung Merapi Jaboi

Andri mengatakan api yang digunakan untuk pesta olahraga empat tahunan tersebut diambil dari Gunung Berapi Jaboi yang terletak di terletak di Gampong Jaboi, Kecamatan Sukajaya, Kota Sabang.

“Tadi pagi kita sudah mulai mengambil api dari Gunung Berapi Jaboi kemudian berjalan bergerak ke titik Tugu Merah Putih. Dan barusan saja kita lepas di Tugu Sabang Merauke,” kata Andri, Selasa (27/8/2024).

Baca Juga: Tim PON Aceh Imbang Lawan Persiraja di Lampineung

2. Kirab Api PON tradisi sakral sebagai simbol semangat

Kirab Api PON merupakan bagian dari tradisi sakral yang mengawali kegiatan dari pesta olahraga empat tahunan tersebut. Kirab api itu menjadi simbol semangat dan persatuan dalam olahraga.

Seperti diketahui, Pembukaan PON Ke-21 Aceh-Sumut 2024 dijadwalkan berlangsung pada 9 September 2024 di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh. Tanggal tersebut bertepatan dengan Hari Olahraga Nasional (Haornas).

“Dengan kirab ini, seluruh masyarakat Aceh dan Sumut diharapkan dapat merasakan antusiasme dan persiapan yang matang menjelang acara besar tersebut,” ujar Andri.

Berita Terkini Lainnya