TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Hari Pertama Masih Nihil Medali di PON, Judo Sumut Siap Bangkit

Kandas di 3 perebutan perunggu

Pejudo Sumut Adelia Sari Lubis saat bertarung dengan pejudo asal Kaltim Yaumil pada hari pertama cabor futsal PON 2024 di Gor USK, Banda Aceh (IDN Times/Doni Hermawan)

Banda Aceh, IDN Times- Hari pertama cabang olahraga judo Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut di Gor Mahasiswa Universitas Syiah Kuala (USK), Banda Aceh, Selasa (10/9/2024) belum berakhir baik untuk Sumut. Menurunkan 6 atlet di 6 kelas, Sumut belum mendapatkan medali. 

Medali emas didominasi kontingen DKI Jakarta dan Jawa Barat dari 6 kelas yang dipertandingkan. DKI meraih 4 emas, 1 perak dan 1 perunggu. 

Sumatra Utara sebenarnya berpeluang mendapatkan tiga medali perunggu. Namun dari tiga partai perebutan medali perunggu itu, seluruhnya kandas.

1. Ada beberapa keputusan wasit yang merugikan

Di partai pertama Febby Landa Marlina gagal mendapatkan perunggu setelah kalah dalam pertarungan dengan Ni Kadek Desi Kartika (Bali). Sementara di perebutan perunggu lainnya, Adelia Sari Lubis ditumbangkan pejudo asal Kalimantan Timur Yaumil Aqsharini. Di partai perebutan perunggu lainnya, Winner Felix Panggabean juga harus gigit jari dikalahkan Bustomy dari DKI Jakarta.

Ketua Umum Pengprov Persatuan Judo Seluruh Indonesia (PJSI) Sumatra Utara Muhammad Arief Fadhillah mengatakan, para atletnya sudah berjuang maksimal pada hari pertama. Namun belum berbuah medali. Ada beberapa hal yang disayangkan.

"Ada beberapa keputusan wasit yang dirasa merugikan. Kami harapkan di hari-hari berikutnya lebih baik kepemimpinan wasit, karena kita masih punya kesempatan di kelas-kelas lainnya. Semoga kita bisa memersembahkan medali," kata Arief.

2. Hari kedua Sumut turun di 6 kelas

Arief juga berterima kasih atas kehadiran Ketua KONI Sumut John Lubis dan Wakil Ketua KONI Sumut Sakiruddin yang sudah hadir langsung mendukung perjuangan atlet judo. Meskipun belum berbuah medali.

Untuk hari kedua Rabu (11/9/2024), Sumut turun di 6 kelas yang dipertandingkan. Untuk putra ada Daffa Maulana Putra di kelas -73 kg, Dikky Hartarto di kelas -81 kg, Willy Pratama di kelas -90 kg. Sementara putri menurunkan Jihan Syaqila Lubis di kelas -57 kg, Ezlina Sinuhaji di kelas -63 kg, dan Nanda Olivia Banurea di kelas -70 kg.

Berita Terkini Lainnya