Perkuat Hubungan Indonesia-India, Konjen India Gelar Hari Alumni

100 Kuota pelatihan diberi untuk Indonesia setiap tahun

Medan, IDN Times - Konsulat Jenderal India di Medan menyelenggarakan acara Hari Alumni India pada perayaan 'Hari ITEC' di Hotel Grand City Hall, Medan pada Kamis (14/9/2023).

Acara yang dihadiri 60 tamu kehormatan ini, untuk merayakan hubungan yang langgeng antara India dan Indonesia, terutama yang tumbuh melalui program Indian Technical & Economic Cooperation (ITEC) and Indian Council for Cultural Relations (ICCR).

1. Bertujuan mempertemukan alumni yang pernah mengenyam pendidikan di India

Perkuat Hubungan Indonesia-India, Konjen India Gelar Hari AlumniPenyerahan plakat Konjen India Medan kepada salah satu alumni yang pernah mengenyam pendidikan di India (IDN Times/Taufik Syahputra)

Konsul Jenderal India di Medan Shubham Singh mengatakan acara ini bertujuan untuk mempertemukan alumni yang pernah mengenyam pendidikan di India serta menyambut tokoh-tokoh terkemuka yang ada di Medan.

"Kesempatan istimewa ini bertujuan mempertemukan para alumni dan sarjana yang telah mengenyam pendidikan di berbagai institusi di India," katanya.

"Acara hari ini juga menyambut tokoh-tokoh terkemuka, termasuk rektor dan akademisi dari beberapa universitas di Medan, serta anggota media," tambahnya.

2. Menyoroti program ITEC dan ICCR

Perkuat Hubungan Indonesia-India, Konjen India Gelar Hari AlumniKonjen India di Medan, Shubham Singh (dok. Konjen India di Medan)

Shubham Singh juga memberikan ucapan yang penuh wawasan, menyoroti program ITEC dan ICCR. Tak hanya itu, ia menekankan pentingnya pelatihan vokasional, yang menjadi fokus utama ITEC, dan berbagi kabar gembira tentang program yang akan datang di Aceh, di mana pelatih ITEC akan bekerja sama dengan pejabat pemerintah Aceh. 

"Program ITEC terbuka bagi semua individu yang mencari peningkatan kapasitas, tidak terbatas pada pejabat pemerintah," katanya. 

3. 100 Kuota pelatihan diberi untuk Indonesia setiap tahunnya

Perkuat Hubungan Indonesia-India, Konjen India Gelar Hari AlumniKonjen India di Medan menggelar Hari Alumni (dok.Konjen India Medan)

Subham juga mengatakan bahwa setiap tahunnya pemerintah India memberikan 100 kuota pelatihan di bawah ITEC untuk Indonesia, yang memungkinkan untuk menerima pelatihan di berbagai institusi India.

"Demikian pula, ICCR menawarkan 20 beasiswa akademik, termasuk peluang bagi 5 mahasiswa dari Sumatera, untuk mengejar gelar dari tingkat sarjana hingga doktor di India, mencakup berbagai bidang kecuali kedokteran," ungkapnya.

Baca Juga: Laga Sada Sumut FC Vs PSMS Medan Digelar Tanpa Penonton

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya