Abelli Fest 2 Sajikan Talkshow Love For Orangutan di Pos Bloc Medan

Dalam rangka memeringati Hari Orangutan se-Dunia

Medan, IDN Times - Dalam memperingati Hari Orangutan se-Dunia, Center For Orangutan Protection (COP) menyelenggarakan Talkshow World Orangutan Day dengan mengusung tema "Love For Orangutan" di Pos Bloc Medan pada Sabtu (19/8/2023).

Acara ini menghadirkan Kepala Bidang Teknis Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Sumut Fifin Nopiansyah, Forum Konservasi Orangutan Sumatera (FOKUS), Indra Kurnia serta perwakilan dari COP Reza Kurniawan sebagai pembicara talkshow.

Acara ini merupakan rangkaian acara dari Abelii Fest 2 yang dimulai sejak 18 Agustus 2023 hingga hari ini, Minggu (20/8/2023).

1. Orangutan adalah Aset Bangsa

Abelli Fest 2 Sajikan Talkshow Love For Orangutan di Pos Bloc MedanTalkshow Abelii Fest 2 "Love For Orangutan" (IDN Times/Taufik Syahputra)

Dalam diskusi tersebut, Fifin mengatakan orangutan merupakan aset bangsa yang masih ada. Selagi masih ada keberadaannya, ia mengajak masyarakat untuk bersama-sama menyelamatkan orangutan.

"Orangutan ini aset bangsa yang mumpung masih ada. Ketika sudah tidak ada seperti harimau Bali dan harimau Jawa, dia bukan lagi aset bangsa, itu sudah percuma karena sudah dinyatakan punah. Mumpung dia masih ada, mari kita selamatkan bersama," katanya.

2. Cintai orangutan, tapi jangan dimiliki

Abelli Fest 2 Sajikan Talkshow Love For Orangutan di Pos Bloc Medanilustrasi orangutan yang saling berkomunikasi (unsplash.com/Steffen B)

Indra mengatakan bahwa ketika cinta dan sayang dengan orangutan maka kita tidak boleh memilikinya. Hal ini dikarenakan orangutan merupakan satwa liar yang mungkin akan ada keluar sisi liar yang bisa timbul kapan saja. 

"Kalau manusia jika cinta tak harus memiliki pasti rasanya sakit, tapi ke orangutan cinta harus kau miliki tapi kita tidak boleh memiliki. Kenapa? Kalau ke satwa liar kita tidak boleh seperti itu. Karena satwa liar itu ada sisi liarnya yang bisa timbul kapan saja," ungkapnya.

3. Meningkatkan pemahaman masyarakat tentang orangutan

Abelli Fest 2 Sajikan Talkshow Love For Orangutan di Pos Bloc MedanPengunjung Abelii Fest 2 melihat pameran seni (IDN Times/Taufik Syahputra)

Melalui diskusi ini, Reza berharap masyarakat khususnya masyarakat Sumatra Utara bisa lebih banyak yang tahu dan lebih peduli dengan orangutan serta satwa liar lainnya.

"Jadi melalui acara ini, harapan kami adalah lebih banyak masyarakat Sumatra Utara yang tahu, lebih aware dan lebih banyak yang peduli dengan orangutan dan satwa liar lainnya," harapnya.

Baca Juga: Sambut Hari Orangutan se-Dunia, COP gelar Abelii Fest 2

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya