Viral! Gua di Deliserdang Disebut Berisi Emas, Ini kata Geolog

Bisa jadi potensi pariwisata

Deli Serdang, IDN Times – Media sosial digegerkan dengan video goa yang disebut mengandung emas. Belakangan diketahui gua itu berada di kawasan wisata gua Tao 8 Putri, Kecamatan STM Hulu, Kabupaten Deli Serdang, Sumatra Utara.

Di dalam video itu memperlihatkan beberapa orang masuk ke dalam gua. Mulut gua itu disebut menyerupai wajah manusia. Mereka kemudian masuk ke dalam. Saat dinding gua disenter, ada sepihan mengkilap berwarna emas. Mereka menyebutnya emas. Namun tidak boleh diambil karena gua itu disebut sakral.

“Di dalam gua terdapat banyak emas, tapi tidak boleh dimbil ya guys. Konon, katanya tempat ini, masih sangat sakral,”ujar narasi di video.

1. Camat membantah serpihan itu adalah emas

Viral! Gua di Deliserdang Disebut Berisi Emas, Ini kata GeologSerpihan berwarna emas menempel di dinding gua. (Istimewa)

Camat  STM Hulu Budiman membenarkan soal keberadaan gua itu. Namun dia membantah jika itu adalah serpihan emas.

“Setahu saya tidak ada (emas). Kalau memang ada kadar emas atau bagaimana gitu, pasti tenar juga, booming. Tapi nggak ada juga,” kata Budiman, 1 September 2021 lalu.

Baca Juga: Viral! Tolak Penyekatan, Emak-emak di Siantar Aksi Buka Baju

2. Geolog memastikan serpihan itu bukan emas

Viral! Gua di Deliserdang Disebut Berisi Emas, Ini kata GeologIlustrasi Gua (IDN Times/Sunariyah)

Ketua Pengurus Daerah (Pengda) Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) Sumut, Gustam Lubis angkat bicara. Kata Gustam, serpihan mengkilap di dinding gua itu bukan emas.

“Itu (mineral) Pirit itu logam biasa, asosiasinya di batuan,”ujar Gustam, Kamis (2/9/2021) 

3. Kemunculan logam karena ada kandungan sulfur di dalam gua

Viral! Gua di Deliserdang Disebut Berisi Emas, Ini kata Geologhttps://id.pinterest.com/pin/190980840433950154/

Kata Gustam kemunculan logam itu lantaran di lokasi goa terdapat unsur sulfur. “Jadi ada batuan mengandung besi, kemudian ada unsur sulfurnya. Sehingga batuan ada sekitar beraksi dengan unsur sulfurnya dan menimbulkan mineral pirit. Rumus kimianya FeS2, jadi ada besi sama sulfur,” kata dia.

Gustam juga mengatakan, batu  yang mengelilingi gua adalah jenis batuan gamping. Pirit itu ke luar dari celah-celah batu.

Dia juga mengatakan, begitu mudah membedakan pirit dengan emas yang sebenarnya. Jika digosok, pirit akan berubah warna. Sedangkan emas tidak.

Terlepas dari itu semua, gua yang viral itu menambah destinasi wisata di Sumut. Ini menjadi satu kekayaan alam di Sumut yang harus tetap dilestarikan. 

Baca Juga: Selain Samosir, Ini 8 Pulau yang Instagramable di Sekitar Danau Toba

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya