USU Persiapkan Wisuda Online, Lulusan Rekam Video Sendiri

Wisuda rencananya akan digelar Juli mendatang

Medan, IDN Times – Untuk lulusan Universitas Sumatera Utara (USU) tahun 2020 jangan sedih yah. Kalian tetap akan diwisuda meskipun secara online.

Mau gimana lagi, pandemik corona yang tidak berkesudahan membuat even yang mengumpulkan keramaian dalam jumlah banyak harus ditunda. Itu semua dilakukan untuk memutus rantai penularan di Sumatera Utara yang angkanya kian meningkat saban hari.

USU pun sudah menerbitkan pedoman untuk para lulusan. Meski wisuda online, seluruh persiapannya harus dilakukan secara matang.

1. Wisuda online rencananya akan digelar Juli mendatang

USU Persiapkan Wisuda Online, Lulusan Rekam Video Sendiriinstagram.com/kampusindonesia

Kepala Kantor Humas, Promosi dan Protokoler USU Elvi Sumanti mengatakan wisuda daring tersebut, diperkirakan digelar pada bulan Juli 2020, mendatang. Pihaknya tengah mempersiapkan teknis wisuda.

"Untuk jadwal menyusul ya. Kemungkinan dilaksanakan pada bulan depan (bulan Juli)," sebut Elvi saat dikonfirmasi melalui pesan Whatsapp, Selasa (16/6).

Baca Juga: Persiapan New Normal, Pegawai di Atas 45 Tahun di USU Boleh WFH

2. Lulusan USU harus rekam video wisuda sendiri

USU Persiapkan Wisuda Online, Lulusan Rekam Video SendiriSuasana prosesi wisuda di aplikasi Zoom milik Unnes. Fariz Fardianto/IDN Times

Para lulusan pun diminta untuk mengambil perlengkapan wisuda seperti, toga, map dan selempang, di masing-masing fakultas.

Nantinya, mereka akan merekam video dengan memakai toga lengkap. Kemudian mereka berdiri diapit oleh orang tua, wali atau kerabar dan direkam dengan durasi 5 detik. Lalu, pendamping wisuda memberikan map ijazah kepada lulusan direkam dengan durasi yang sama.

“Kemudian prosesi pemindahan jumbai dari kiri ke kanan bagi wisudawan dan wisudawati jenjang sarjana dengan durasi 5 detik,” ungkap Elvi.

3. Hasil rekaman video dikirim ke email resmi USU

USU Persiapkan Wisuda Online, Lulusan Rekam Video SendiriUnsplash.com/dre0316

Nantinya, rekaman video akan dikirimkan ke email resmi videowisuda@usu.ac.id. Video dikirim paling lambat pada 22 Juni 2020.

“Untuk pakaian bagi orang tua/wali/kerabat ‎prempuan wisudawan dan wisudawati mengenakan kebayak dan sedangkan laki-laki menggunakan jas atau batik,” pungkasnya.

Contoh video wisuda dapat dilihat pada Link https:///youtu.be/AiKG7-KSIRM dan instagram/psi.usu.

Baca Juga: Lagi Trending, Ini 11 Artis yang Ramaikan Wisuda LDR 2020

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya