[UPDATE] Positif COVID-19 Melonjak Lagi,  Bertambah 15 Pasien di Sumut

Virus yang menyebar di Indonesia belum teridentifikasi

Medan, IDN Times – Perkembangan kasus COVID-19 di Sumatera Utara sangat mengejutkan, Jumat (8/5). Angka pasien positif tiba-tiba melonjak tinggi setelah beberapa hari melandai.

Peningkatannya, ada 15 kasus baru yang terkonfirmasi lewat metode uji swab PCR. Totalnya, sampai saat ini ada 157 orang yang dinyatakan positif COVID-19.

Peningkatan ini juga kembali menguatkan jika masih terjadi penularan COVID-19 di luar rumah. Apalagi saat ini,mobilitas masyarakat juga semakin meningkat. Seolah sudah tidak terjadi penularan di luar ruangan.

Peningkatan juga terjadi pada Pasien Dalam Pengawasan (PDP). Angkanya meningkat dari 146 orang menjadi 151 orang. Untuk orang dalam pemantauan (ODP) mengalami penurunan dari sebelumnya yakni 1.436 orang.

"Untuk pasien sembuh tidak ada berubah dari data sebelumnya yakni 48 orang dan yang meninggal dunia juga masih tetap 16 orang," ujar Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) COVID-19 Sumut dr Aris Yudhariansyah, Jumat (8/5) petang.

GTPP juga mengingatkan jika sampai saat ini, corona yang menyebar di Indonesia belum teridentifikasi jenisnya. "Hasil penelitian diketahui bahwa saat ini sebagian besar tipe virus Corona yang ditemukan di dunia terdapat tiga tipe, yaitu S, G dan V. Sementara di Indonesia tipe virus Corona yang menyebar tidak termasuk dalam tipe tersebut. Di luar tiga tipe itu ada yang disebut dengan tipe lain," ujar Aris.

Menurut Aris, identifikasi jenis virus sangat berkaitan erat dengan penemuan vaksin. Aris kembali mengingatkan masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dan tinggal di rumah adalah jawaban yang paling benar serta paling baik, sembari menunggu para peneliti dan para ahli menemukan vaksin tersebut.

"Tidak bepergian adalah langkah yang tepat, jangan mudik, tetap tinggal di rumah yang harus kita lakukan. Karena kita harus melindungi siapapun terutama saudara-saudara kita yang sudah berusia lanjut, berpenyakit kronis karena ini menjadi ancaman untuk kita semua," pungkasnya.

Baca Juga: [UPDATE] Pasien COVID-19 Sembuh di Sumut Bertambah 5 Orang

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya