[UPDATE] Pasien Positif COVID-19 di Sumut Bertambah 17 Orang

Warga masih banyak yang membandel

Medan, IDN Times - Kasus corona di Sumatera Utara terus mengalami peningkatan signifikan dalam beberapa hari terakhir. Ini masih membuktikan, penularan di Sumut masih terus terjadi.

Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTTP) COVID-19 Sumatera Utara mengungkapkan, ada penambahan 17 kasus per Senin (11/5). Dengan peningkatan itu, jumlah kasus di Sumut menjadi 196 orang.

Sebanyak 17 kasus yang baru terjadi tersebar di Medan 8 orang, Deliserdang 2 orang, 1 dari Toba, 1 dari Langkat. Sedanhkan 5 pasien lagi belum terkonfirmasi domisilinya.

"Meningkatnya positif PCR dapat membuat petugas kesehatan menjadi semakin berat oleh karena kami mengajak warga untuk menerapkan protokol kesehatan," jelas Juru Bicara GTPP COVID-19 Sumut Mayor Kes dr Whiko Irwan, Senin petang.

Peningkatan juga terjadi pada Pasien Dalam Pengawasan (PDP). Jumlah PDP saat ini meningkat dari 149 orang menjadi 151 orang.

Sementara untuk Orang Dalam Pemantauan (ODP) 635 orang turun dua orang dari hari sebelumnya yakni 637 orang.

"Begitu juga untuk pasien sembuh masih sama dengan hari sebelumnya yakni 48 orang dan pasien positif COVID-19 meninggal dunia juga masih sama yakni 24 orang," ujar Whiko.

"Gambaran diatas menujukan penularan masih terjadi, masker wajib dipakai baik orang sakit maupun segat dan juga yang sudah sembuh. Penularan menurun menjaid 5 persen bila memakai masker,  dan resiko penularan menurun menjadi 1 persen bila semua orang memakai masker, cuci tangan dan menghindari keramaian," pungkasnya.

Baca Juga: Gubernur Edy Ajak Warga Sumut Lawan Corona dengan Doa Bersama

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya