Sumut Punya Rumah Sakit Berjalan, Ada Fasilitas Bedahnya Lho!

Hasil dari donasi tenaga medis di Sumut

Medan, IDN Times – Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmyadi meresmikan 'Rumah Sakit Bedah Bergerak', Rabu (19/6).

Peresmian rumah sakit berjalan atau “Accuplast Cleft Mobile Operation” itu bersamaan dengan Program bakti Kesehatan Sumut Bermartabat.

 Edy menginginkan, rumah sakit seperti ini bisa ada di 33 kabupaten/kota di Sumut.

"Ini yang kita harapkan ada sejak dulu. Jika semua daerah memiliki rumah sakit bergerak seperti ini, maka kualitas kesehatan masyarakat bisa semakin ditingkatkan," kata Edy disela peresmian.

1. Kesehatan jadi prioritas utama Edy dalam pembangunan

Sumut Punya Rumah Sakit Berjalan, Ada Fasilitas Bedahnya Lho!IDN Times/Humas Pemprov Sumut

Edy rahmayadi mengatakan, pembangunan kesehatan yang menjadi prioritas pemerintahannya. Karena kata Edy, kesehatan adalah kunci dari kesejahteraan.

“Saya keliling melihat warga saya, masih banyak yang kesulitan mendapatkan kesejahteraan dalam kesehatan. Omong kosong kita bisa membangun Sumut bila kita tidak berikan kesehatan yang baik. Inilah solusinya, saya menginginkan kendaraan kesehatan yang mobile (bergerak), kita akan lakukan bertahap, selama saya menjabat harus ada minimal lima kendaraan yang bersiaga untuk melayani masyarakat," ungkapnya.

Edy juga berharap rumah sakit berjalan itu juga bisa memberikan edukasi untuk masyarkat tentang pentingnya kesehatan.

Baca Juga: Pantau Tim PSMS, Edy Rahmayadi Ingin Pemain Tonjolkan Ciri Khas Medan

2. Rumah sakit bergerak diperoleh dari donasi para tenaga medis

Sumut Punya Rumah Sakit Berjalan, Ada Fasilitas Bedahnya Lho!IDN Times/Humas Pemprov Sumut

Rumah sakit bergerak itu berasal dari inisiatif para dokter yang ada di Sumut. Di antara mereka ada yang menyumbangkan peralatan medis dan obat.

Salah seorang inisiator Alwi Mujahit menyatakan, rumah sakit ini akan melayani masyarakat secara kolektif.

"Dalam waktu dekat, kita akan ke Mandailing Natal, melakukan pelayanan kesehatan di sana," ujarnya.

Tim dokter yang bertugas di rumah sakit bergerak itu, menurut Mujahit akan ditempatkan sesuai dengan kebutuhan yang ada.

3. Rumah sakit berjalan punya fasilitas bedah

Sumut Punya Rumah Sakit Berjalan, Ada Fasilitas Bedahnya Lho!IDN Times/Humas Pemprov Sumut

Bus tersebut juga punya fasilitas bedah seperti yang ada di rumah sakit. Bedah di ruangan tersebut dapat dilakukan mulai dari operasi bibir sumbing, katarak hingga sunatan massal.

Ide pembuatan Rumah Sakit Berjalan ini dilakukan karena melihat kesenjangan kesehatan di masyarakat. "Banyak di daerah terpencil yang sulit untuk mendapatkan kesehatan yang layak. Ini kita buat agar bisa menyentuh itu. Untuk operasionalnya, bus ini masih menggunakan swadaya dari para donatur berjiwa sosial, tapi dengan respons positif dari Bapak Gubernur Edy Ramayadi mungkin nanti bisa dibantu dianggarkan," ujar Alwi.

Alwi juga menjelaskan, bahwa Ruang Operasi Mobile berbentuk bus ini adalah prototipe original pertama di Sumut. Dalam kegiatan peresmian tersebut, juga dilakukan operasi bibir sumbing terhadap anak dari keluarga kurang mampu secara gratis

"Saat ini baru satu unit yang kita miliki, karena ini yang pertama. Harapanya tim bakti sosial bisa sampai ke ujung daerah terpencil," jelas Alwi.

Baca Juga: Sidak di Samsat, Edy Rahmayadi Soroti Soal Calo dan Jam Pelayanan 

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya