Sembuh dari Corona, Anggota DPRD Sumut: Tenaga Medis Pahlawan Bangsa

Aulia Agsa minta masyarakat tak diskriminatif ke penderita

Medan, IDN Times - “Tenaga Medis, kalian adalah Pahlawan Bangsa." Begitu kata Muhammad Aulia Rizki Agsa, setelah dia menyelesaikan masa isolasinya di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Haji Adam Malik Medan, Sumatera Utara. Kebahagiaan Anggota DPRD Sumut itu tak terbendung. Rasa panik yang sempat menghantuinya karena dinyatakan positif corona usai sudah.

Kini, Aulia sudah kembali berkumpul dengan keluarganya. Masa-masa sulit saat diisolasi dilaluinya dengan baik. Dia berterima kasih kepada seluruh tenaga medis yang sudah merawatnya dengan baik.

1. Tenaga medis harus diberikan dukungan moril bukan diskriminasi

Sembuh dari Corona, Anggota DPRD Sumut: Tenaga Medis Pahlawan BangsaPetugas medis penanganan COVID-19 mengenakan baju Alat Pelindung Diri (APD) ketika berada di ruang isolasi Rumah Sakit rujukan khusus pasien COVID-19 Martha Friska di Medan, Sumatera Utara, Kamis (2/4). (ANTARA FOTO/Septianda Perdana)

Aulia berulang kali mengapresiasi para tenaga medis yang sudah berjibaku merawat para pasien. Dia pun berpesan kepada masyarakat untuk tidak mendiskriminasi para tenaga medis. Karena, selama pandemi corona, para tenaga medislah yang berjuang di garis depan.

“Alhamdulillah, saya diperlakukan dengan sangat baik. Untuk masyarakat saya berpesan, jangan sekali kali menyakiti hati mereka. Jangan sampai membuat stres mereka. Hargai mereka. Karena mereka sudah berjibaku menyembuhkan kita. Saya juga berduka cita atas gugurnya sejumlah tenaga medis saat melawan corona,” ungkap Aulia, Rabu (8/4).

2. Aulia dinyatakan sembuh setelah menjalani dua kali tes COVID-19

Sembuh dari Corona, Anggota DPRD Sumut: Tenaga Medis Pahlawan BangsaMuhammad Aulia Rizki Agsa, Anggota DPRD Sumut yang dinyatakan positif corona dan berani mengungkapnya ke publik (Instagram/@auliaagsa)

Aulia dikabarkan positif corona pertengahan Maret lalu. Saat itu dia baru pulang dari Jakarta dan Manado.

Dia langsung diisolasi di RSUP Haji Adam Malik. Namun, bukan seperti pasien lainnya yang mendapat gejala. Aulia dalam keadaan baik-baik saja. Sama sekali tidak ada tanda-tanda COVID-19 yang dideritanya.

“Saya sudah menjalani dua kali pemeriksaan swab dan hasilnya negatif. Sehingga saya sudah diizinkan untuk pulang. Tapi saya harus menjalani masa karantina selama 14 hari di rumah untuk memperkuat imunitas,” ungkapnya

Baca Juga: Anggota DPRD Sumut Positif Corona, Kondisinya Sehat Tanpa Gejala

3. Selama diisolasi, Aulia hilangkan jenuh dengan ibadah

Sembuh dari Corona, Anggota DPRD Sumut: Tenaga Medis Pahlawan BangsaMuhammad Aulia Rizki Agsa (kiri), Anggota DPRD Sumut yang dinyatakan positif corona dan berani mengungkapnya ke publik (Instagram/@auliaagsa)

Harus menjalani isolasi di rumah sakit termasuk yang paling berat. Apalagi Aulia terbiasa dengan kegiatan di luar ruangan.

Depresi pun sempat melanda dirinya. Namun untuk membunuh kejenuhan, Aulia memperbanyak ibadahnya.

“Jadi selama diisolasi saya gunakan waktu untu beribadah, membaca Alquran. Kemudian saya juga sering menghubungi keluarga saya dengan video call. Mereka selalu menyemangati saya,” ujarnya.

Selama diisolasi, Aulia mendapat pelayanan terbaik. Setiap hari diberikan makanan bergizi. “Intinya jangan sampai stres. Karena imun kita pasti akan menurun dan memperlambat penyembuhan,” katanya.

4. Masyarakat jangan sampai mendiskriminasi orang yang terkena COVID-19

Sembuh dari Corona, Anggota DPRD Sumut: Tenaga Medis Pahlawan BangsaIDN Times/Candra Irawan

Aulia pun menyoroti beberapa fenomena yang terjadi di tengah masyarakat. Misalnya soal penolakan jenazah hingga mendiskriminasi orang yang terkena COVID-19.

Kata dia harusnya itu tidak boleh terjadi. Harusnya kondisi saat ini membuat masyarakat untuk berempati satu sama lainnya.

“Saya turut berduka kepada masyarakat yang juga gugur melawan COVID-19. Tapi jangan malah mendiskriminasi. Corona ini bukan aib. Siapa saja bisa kena. Kalau ada tetangga kita yang kena, harus kita support. Berikan dukungan moril dan materiil. Supaya mereka semangat untuk sembuh,” tukasnya.

5. Ingatkan masyarakat lakukan langkah pencegahan dengan serius

Sembuh dari Corona, Anggota DPRD Sumut: Tenaga Medis Pahlawan BangsaPetugas medis Puskesmas Pandan saat mencuci tangan warga guna menghindari penyebaran virus Covid-19 (IDN Times/Hendra Simanjuntak)

Politisi partai Gerindra ini juga kembali mengingatkan masyarakat untuk tetap mewaspadai penularan corona. Tetap budayakan kebersihan diri.

“Tetap berada di rumah jika tidak ada keperluan mendesak di luar. Bagi yang masih harus bekerja di luar rumah, tetap waspada. Jaga kebersihan, rajin mencuci tangan dan jangan lupa pakai masker. Physical distancing atau menjaga jarak juga harus kita lakukan supaya bisa memutus rantai penularan,” pungkasnya.

Aulia adalah satu dari delapan pasien yang dinyatakan sembuh dari corona di Sumatera Utara. Hingga kini, kasus Corona di Sumatera Utara terus mengalami lonjakan. Angkanya tembus 75 kasus menurut data 7 April 2020.

Baca Juga: Anggota DPRD Sumut yang Positif Corona Minta Rekan-rekannya Periksa

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya