SAR Danau Toba Cari Wisatawan Siantar yang Tenggelam

Korban pergi ke Danau Toba bersama rombongan jemaat gereja

Toba, IDN Times – Seorang wisatawan asal Kota Pematang Siantar tenggelam di Danau Toba, Kabupaten Toba, Sumatra Utara, Minggu (23/10/2022).

Korban yang tenggelam saat berlibur di Pantai Pasir Putig, Desa Parparean, Kecamatan Porsea, bersama rombongan jemaat gereja.

1. Korban berjalan ke Danau saaat rombongan hendak makan siang

SAR Danau Toba Cari Wisatawan Siantar yang TenggelamIlustrasi Tim SAR (IDN Times/Prayugo Utomo)

Koordinator Pos SAR Danau Toba Hisar Turnip dalam keterangannya, Senin (24/10/2022) mengatakan, sebelum kejadian, rombongan melakukan kebaktian rohani. Kemudian mereka berengan di sekitar pantai

“Sekitar Pukul 14.00 wib semua rombongan kembali ke bibir pantai untuk melakukan makan siang bersama. Namun salah seorang dari rombongan melihat korban berjalan kearah Danau Toba dan berenang, tidak berselang lama korban tidak lagi kelihatan,” kata Hisar.

Baca Juga: Restorative Justice, 9 Kasus KDRT di Sumut Dihentikan

2. Rombongan sempat melakukan pencarian

SAR Danau Toba Cari Wisatawan Siantar yang TenggelamTim SAR Danau Toba melakukan pencarian seorang wisatawan yang tenggelam di Kabupaten Toba, Minggu (23/10/2022). (Dok SAR Toba)

Mendapati satu anggotanya hilang, rombonga melakukan pencarian. Namun hingga petang korban tidak ditemukan.

Kejadian tersebut dilaporkan ke BPBD Toba dan diteruskan ke Pos SAR Parapat Danau Toba.

“Satu tim Rescuer Pos SAR Danau Toba berjumlah 7 orang diturunkan ke lokasi guna melakukan pencarian seorang pria yang tenggelam,” kata Hisar.

3. Pencarian diteruskan hingga hari ini

SAR Danau Toba Cari Wisatawan Siantar yang TenggelamTim SAR Danau Toba melakukan pencarian seorang wisatawan yang tenggelam di Kabupaten Toba, Minggu (23/10/2022). (Dok SAR Toba)

Pencarian dilanjutkan hari ini. Tim SAR melakukan penyelaman untuk menyisir keberadaan korban. 

“Kita menggunakan Alat Aqua Eyes yang berfungsi untuk mendeteksi keberadaan korban didalam air. Tim terlebih dahulu melakukan pencarian menggunakan Aqua Eyes dari Permukaan air, setelah posisi korban terdeteksi kemudian dilakukan Penyelaman dengan harapan semoga korban secepatnya kita temukan." Pungkasnya.

Baca Juga: Suami Bacok Istri Hingga Tewas, Masalah Rumah Tangga Jadi Pemicu

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya