PDIP Medan Disebut Penakut, Tidak Menindak Bobby yang Dukung Gibran

Sutrisno: Katanya Banteng, kok cemen?

Medan, IDN Times – PDI Perjuangan Kota Medan masih menunggu arahan pengurus pusat terkait pernyataan Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution trerkait Pilpres 2024. Menantu Presiden Joko Widodo itu diketahui mendukung kakak iparnya Gibran Rakabuming Raka yang mendampingi Prabowo Subianto.

Bobby masih menjadi kader PDI Perjuangan sekaligus Juru Kampanye (Jurkam) pasangan Ganjar Pranowo – Mahfud MD. Sikap PDI Perjuangan Medan yang belum menindak Bobby mendapat kritik dari kadernya.

"Kalau sekedar menunggu arahan, instruksi ketum, anak kecil juga sanggup jadi pengurus PDIP,” kata Sutrisno Pangaribuan, mantan Anggota DPRD Sumut dari PDI Perjuangan, Kamis (26/10/2023).

1. Kader yang membelot harus dipecat dan dicap penghianat partai

PDIP Medan Disebut Penakut, Tidak Menindak Bobby yang Dukung GibranIDN Times/dok. Sutrisno Pangaribuan

Bagi Sutrisno, selama ini Bobby sudah mendapat perlakuan istimewa dari PDI Perjuangan. Saat maju sebagai Wali Kota Medan, dia menyebut Bobby tidak mengikuti mekanisme yang ada di partai berlogo banteng itu. Sementara kader lainnya tetap mengikuti tahapan dan mekanisme yang ada.

Bagi Sutrisno, dukungan Bobby kepada Gibran adalah bentuk pengingkaran terhadap instruksi partai. Dia merujuk sikap tegas PDI Perjuangan yang berani memecat Rudolf Pardede, Akhyar Nasutiom, dan kader lainnya karena berbeda sikap partai.

“Para kader yang dianggap membelot memilih pasangan kepala daerah yang diusung partai lain tersebut dipecat dan diberi cap penghianat partai,” katanya.

Baca Juga: Bobby Nasution Pastikan Tak Ikut Dampingi Gibran Daftar ke KPU

2. Sutrisno bandingkan PDI Perjuangan Medan dengan Solo

PDIP Medan Disebut Penakut, Tidak Menindak Bobby yang Dukung GibranKetua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

Sutrisno heran, kenapa PDI Perjuangan Medan tidak berani mengambil sikap. Termasuk pengurus di level provinsi. Dia membandingkan dengan DPC PDI Perjuangan Solo yang menyatakan agar putra Gibran segera mengembalikan Kartu Tanda Anggota PDI Perjuangan.

"Kalau jadi pengurus partai tidak punya keberanian menegakkan aturan dan arahan ketua umum, lebih baik mundur. Kalau kader orang biasa, para pengurus PDI Perjuangan ini cepat mengambil tindakan. Giliran menantu Jokowi, semua no comment. Katanya banteng, kok cemen?" kata laki-laki yang pernah melarikan palu sidang DPRD Sumut kala itu.

3. PDI Perjuangan Medan maklumi dukungan Bobby kepada Gibran

PDIP Medan Disebut Penakut, Tidak Menindak Bobby yang Dukung GibranBobby Nasution usai meresmikan rumah kolaborasinya di Siantar (Dok.tim media Bobby)

Dukungan Bobby kepada Gibran disampaikannya secara singkat saat dia hendak beranjak dari Pemko Medan, Rabu (25/10/2023).

"Pasti (dukung Prabowo-Gibran)," kata Bobby sambil tersenyum

Sementara itu, PDI Perjuangan Kota Medan masih menunggu instruksi pengurus pusat ihwal pernyataan dukungan Bobby terhadap Gibran.

"Kita tinggal hanya menunggu instruksi dari DPP Partai dan Ibu Ketua Umum bagaimana dengan sikap kader kita itu, kita serahkan semua kepada partai dan ibu Ketua umum PDI Perjuangan dan mengenai sikap dari pak Wali Bobby Nasution yang mendukung Prabowo dan Gibran,"ucap Bendahara PDI Perjuangan Medan Boydo HK Panjaitan, Kamis (26/10/2023).

Meski pun kata Boydo, dukungan itu masih wajar. Lantaran Bobby dan Gibran merupakan keluarga. "Namun sebagai kader, mereka harus mengikuti arahan DPD dan ketua umum partai,"tegas Boydo.

Boydo menambahkan bahwa Bobby Nasution saat ini belum menjabat sebagai pengurus PDIP, tetapi sebagai kader, dia telah mengikuti sekolah partai dan pelatihan yang ketat. Menurut Boydo, dukungan Bobby kepada Gibran tidak merugikan partai, tetapi justru memberikan semangat baru untuk memenangkan kandidat PDIP seperti Ganjar Pranowo dan Mahfud MD dalam kontestasi politik.

"Saya melihat situasi ini sebagai cambuk yang memotivasi partai untuk semakin kuat dan fokus pada pemenangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD," tutup Boydo.

Baca Juga: Masih Jadi Jurkam Ganjar-Mahfud, Bobby Pastikan Dukung Gibran

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya