Panjat Pinang, Pria di Hamparan Perak Meninggal Usai Tertimpa Teman

Sempat dibawa ke rumah sakit namun tidak tertolong

Deli Serdang, IDN Times – Kemeriahan Hari Kemerdekaan Indonesia ke-78 di Desa Tandem hulu, Kecamatan Hamparan Perak, Kabupaten Deli Serdang, Sumatra Utara, berubah menjadi duka, Kamis (17/8/2023). Seorang peserta lomba panjat pinang, meninggal dunia.

Korban bernama Eka Prasetya (36). Dia meninggal setelah ikut di dalam tim panjat pinang, yang biasa menjadi puncak acara beragam perlombaan.

1. Korban tertimpa rekan setimnya

Panjat Pinang, Pria di Hamparan Perak Meninggal Usai Tertimpa Temanlomba panjat pinang (ANTARA FOTO/Kornelis Kaha)

Meninggalnya Eka bermula saat dirinya ikut menjadi peserta panjat pinang. Perlombaan itu digelar di Lapangan Bola Tandem Putra, Dusun Emplasmen I.  

Sekira pukul 17.00 WIB Tim Eka memanjat. Namun tiba-tiba, peserta yang posisinya paling atas merosot ke bawah. Eka yang berada di bawah, tertimpa rekan-rekan lainnya.

Baca Juga: Mengintip Museum Deli Serdang yang Simpan Ratusan Koleksi Bersejarah

2. Korban mengalami sesak napas dan meninggal dunia

Panjat Pinang, Pria di Hamparan Perak Meninggal Usai Tertimpa TemanIlustrasi korban di rawat petugas medis (IDN Times/Sukma Shakti)

Kepala Unit Reskrim Polsek Binjai Ipda Alex Pasaribu menjelaskan, setelah tertimpa, korban mengalami sesak nafas.

“Korban mengalami sesak napas dan permainan sementara dihentikan,” kata Alex, Jumat (18/8/2023).

 Warga sempat memberikan pertolongan. Eka dibawa ke Rumah Sakit Ratu Mas Binjai Utara dan dilakukan tindakan medis. Sayangnya, sekira pukul 18.00 WIB, korban dinyatakan meninggal dunia.

3. Panjat pinang sudah sering makan korban jiwa

Panjat Pinang, Pria di Hamparan Perak Meninggal Usai Tertimpa TemanIlustrasi lomba panjat pinang (dok. ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas)

Panjat pinang memang menjadi pertunjukan yang ditunggu-tunggu ketika perayaan kemerdekaan. Namun di balik keseruannya, ada risiko yang tinggi dan mengancam nyawa.

Bukan kali ini saja panjat pinang memakan nyawa. Di sejumlah daerah, perlombaan yang memanfaatkan batang pinang ini juga pernah terjadi. Pada 17 Agustus 2022, seorang warga di Kabupaten Tanggamus, Lampung meninggal dunia setelah tersambar petir saat berada di puncak panjat pinang. Pada 2017, seorang warga meninggal dunia setelah terjatuh saat mengikuti perlombaan panjat pinang di Kelurahan Majahlega, Kecamatan Runcasari, Bandung.

Baca Juga: Kepdes di Aceh Barat Meninggal Saat Bendera Merah Putih akan Berkibar

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya