Kekerasan Seksual Anak 12 Tahun, Gubernur Edy: Cari Pelakunya

Penanganan korban ditangani Pemprov Sumut

Medan, IDN Times – Gubernur Sumatra Utara Edy Rahmayadi angkat bicara terkait kasus kekerasan seksual di Kabupaten Langkat, Sumatra Utara. Korbannya, perempuan 12 tahun yang kini tengah hamil delapan bulan.

Gubernur Edy meminta kasus itu diusut hingga tuntas. “Sudah pasti yang menghamili pasti salah itu. Dibawa kemanapun urusannya, hukum, mau dia nikahnya, nikah pakai ijab kabul pun. Nanti kita cari siapa (pelakunya) yang menikahkan itu, kan dibawah umur itu," sebut Gubernur Edy, Senin (9/1/2023).

1. Pemprov berikan perhatian khusus kepada korban

Kekerasan Seksual Anak 12 Tahun, Gubernur Edy: Cari Pelakunyailustrasi kekerasan seksual (IDN Times/Aditya Pratama)

Saat ini, Pemprov Sumut dan Pemkab Langkat tengah memberikan perhatian khusus kepada korban. Pihaknya melakukan tindak upaya penanganan kesehatan, pendidikan hingga penanganan traumatik.

"Psikologis, kita sudah hubungi, akan turun itu, dinas sosial juga akan turun itu kesana, dan kadis kesehatan juga akan turun. Bupatinya (Langkat) juga sedang disini dan ini sedang didiskusikan sama Bupati, nanti kita tangani secara maksimal," jelas Gubernur Edy.

2. Menteri PPPA juga ikut turun tangan

Kekerasan Seksual Anak 12 Tahun, Gubernur Edy: Cari Pelakunyailustrasi kekerasan seksual (IDN Times/Aditya Pratama)

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI I Gusti Ayu Bintang Darmawati turun tangan. Menteri langsung menemui korban pada 8 Januari 2023.

Kasusnya juga sudah dilaporkan ke polisi. Pelapornya, dari pusat pelayanan terpadu pemberdayaan perempuan dan anak (P2TP2A) Kabupaten Langkat.

“Mereka baru lapor P2TP2A hari ini, seharusnya kemarin, Jum’at (6/1), tapi karena mereka dari Kota Binjai, mereka sudah terlalu sore (buat laporan). Mereka juga rapat dulu, baru lapor, hari ini,”ujar Kanit PPA Polres Langkat, Aipda Ninit, Senin (9/1/2022).

3. Kasus mencuat karena viral di media sosial, pelakunya diduga abang kandung

Kekerasan Seksual Anak 12 Tahun, Gubernur Edy: Cari PelakunyaIlustrasi Garis Polisi (IDN Times/Arief Rahmat)

Kasus ini mencuat ketika video soal kasus itu viral di media sosial. Henny menceritakan, dirinya sudah merawat korban sejak 25 Desember 2022. Dia mendapat kabar ada anak SD hamil dari suaminya.

“Kebetulan mereka (keluarga korban) tinggal di perkebunan tempat suami saya, kemudian mandornya di sana, itu mengabari kejadian yang menimpa korban di sana ke suami saya,” kata Henny Kamis (5/1/2023) malam.

Korban ternyata diusir oleh warga dari tempat tinggal sebelumnya. Suami Henny memberi tumpangan kepada keluarga korban di perkebunan yang lain.

“(Jadi) Bapak korban ini kan galau, karena mulai mendekati besar kehamilannya. Suami lalu cerita ke saya. Saya tergerak gitulah untuk ngebantu dia,” ucap Henny.

Dugaan sementara, kekerasan seksual itu dilakukan oleh abang kandung korban. Meskipun begitu, polisi masih mendalaminya.

“Kalau dari tuduhan sementara katanya abang kandungnya, tapi belum tahu pastinya, kami masih lidik,” pungkas Ninit.

Baca Juga: Mengenal Rahmat Fadillah Pohan, Dirut Bank Sumut yang Baru Dicopot

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya