Comscore Tracker

Idul Fitri 2022, Kunjungan di Toba Caldera Resort Membludak

Tembus hingga 13.133 pengunjung dalam 5 hari

Toba, IDN Times – Danau Toba selalu menjadi salah satu destinasi favorit bagi wisatawan. Khususnya pada saat lebaran Idul Fitri.

Toba Caldera Resort yang berada di Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba menjadi destinasi populer belakangan. Khususnya The kaldera Toba Nomadic Escape yang berada di kawasan itu.

Kawasan yang dikelola oleh Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT) itu dipadati oleh pengunjung musim libur Idul Fitri 2022.

Baca Juga: Lebaran Tahun Ini Medan Zoo Diserbu Pengunjung

1. Pengunjung membludak, 13 ribu orang padati TCR dalam lima hari

Idul Fitri 2022, Kunjungan di Toba Caldera Resort MembludakKunjungan di The Kaldera Toba Nomadic Escape membludak selama musim libur IdulFitri 2022. (Dok: BPODT)

BPODT mencatat, ada peningkatan signifikan angka kunjungan dalam beberapa hari terakhir. Dalam kurun waktu 30 April 2022 – 4 Mei 2022, jumlah pengunjung yang masuk ke The Kaldera Toba Nomadic Escape sebanyak 13.133 orang.

“Ini peningkatan yang cukup signifikan,” ujar Kepala Divisi (Kadiv) Komunikasi Publik BPODT, Anderson Situmeang kepada awak media, Jumat (6/5/2022).

Anderson juga  menjelaskan, pihaknya  tetap memberlakukan protokol kesehatan secara ketat kepada pengunjung.

"Selama liburan Lebaran ini, kita juga sangat ketat terhadap protokol kesehatan diterapkan kepada pengunjung saat berada di Kaldera Toba," ucap Anderson.

2. Tawarkan keindahan alam Danau Toba dengan berbagai atrakasi

Idul Fitri 2022, Kunjungan di Toba Caldera Resort MembludakKunjungan di The Kaldera Toba Nomadic Escape membludak selama musim libur IdulFitri 2022. (Dok: BPODT)

Membludaknya kunjungan tidak terlepas dari daya tarik Toba Caldera Resort. Dari The Kaldera Toba Nomadic Escape, pengunjung bisa menikmati keindahan alam Danau Toba. Tentunya bisa menjadi spot untuk berfoto bagi wisatawan.

Direktur Keuangan, Umum dan Komunikasi Publik Badan Pelaksana Otorita Danau Toba Bambang Cahyo Murdoko mengatakan, The Kaldera Toba Nomadic Escape adalah wisata ramah lingkungan yang terus dikembangkan.

"Pergerakan wisatawan nusantara, nah momen ini sangat baik untuk mengunjungi destinasi-destinasi wisata yang ada di kawasan Danau Toba, khususnya di The Kaldera Toba Nomadic Escape. Nah kami dari BPODT sudah mempersiapkan sedemikian rupa untuk menyambut kedatangan wisatawan yang ada di kawasan Danau Toba khususnya dan Sumut pada umumnya dengan berbagai aktivitas disana,” ungkapnya.

3. Tarif retribusi ke Kaldera Toba Nomadic Escape mulai dari Rp15 ribu per orang

Idul Fitri 2022, Kunjungan di Toba Caldera Resort MembludakThe Kaldera Toba Nomadic Escape, destinasi wisata kembara yang bakal menjadi primadona di Toba Caldera Resort (TCR). (Istimewa)

Pengunjung yang masuk ke The Kaldera Toba Nomadic Escape akan dikenakan biaya retribusi. Tarifnya ditentukan berdasarkan Peraturan Menteri  Keuangan Nomor 164 Tahun 2020.

Untuk pengunjung yang datang pada Hari Senin hingga Jumat akan dikenakan Rp15 ribu bagi pengunjung dewasa dan Rp20 ribu pada akhir pekan. Untuk pelajar, hanya dikenakan tarif Rp10 ribu serta Balita Rp5 ribu per orang.

"Selama liburan Lebaran ini, kita juga sangat ketat terhadap protokol kesehatan diterapkan kepada pengunjung saat berada di Kaldera Toba," kata Bambang.

Saat ini, BPODT terus mengembangan TCR. Pembangunannya terus digeber untuk mendukung perkembangan perekonomian pada Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) itu.

Baca Juga: Wisata Merci Barn, Melihat Rumah Kincir Ala Belanda dan Waterpark

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya