Honorer Dipecat, Fraksi PDIP Tapteng Sesalkan Penggiringan Isu Politik

Beda pendapat dengan Masinton Pasaribu

Tapanuli Tengah, IDN Times – Pemecatan Eka Myala Dewi, staf honorer di Inspektorat Tapanuli Tengah menuai polemik. Pemecatan itu disebut – sebut karena suami Eka merupakan kader PDI Perjuangan.

Kisruh pemecatan mencuat ke publik setelah Masinton Pasaribu, anggota DPR RI dari PDI Perjuangan mengunggah percakapannya dengan Eka.

Anggota DPRD Tapteng Fraksi PDI Perjuangan angkat bicara. Alih-alih mendukung pernyataan Masinton, mereka malah bikin pernyataan sebaliknya.

1. Fraksi PDIP Tapteng malah beda pendapat dengan Masinton

Honorer Dipecat, Fraksi PDIP Tapteng Sesalkan Penggiringan Isu PolitikIlustrasi PDIP (Dok. PDIP)

Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Tapteng, Camelia Neneng Susanty Sinurat mengatakan pihaknya sudah mendengar penjelasan dari Inspektorat Pemkab Tapteng. Mereka meyakini, pemecatan itu memang dilatari oleh pelanggaran disiplin yang dilakukan Eka.

“Kita sudah mendengar tanggapan Inspektorat, itulah kenyataannya, tidak ada kaitannya dengan politik atau Kader PDIP,” kata Ketua Camelia didampingi anggota Fraksi Willy Sahputra Silitonga dan Sihol Marudut Siregar.

2. Menyesalkan pemecatan malah dikaitkan isu politis

Honorer Dipecat, Fraksi PDIP Tapteng Sesalkan Penggiringan Isu PolitikKetua Fraksi PDI-Perjuangan DPRD Tapteng Camelia Neneng Susanty dan Willy Saputra Silitonga (IDN Times/Arifin Al Alamudi)

Camelia juga menyayangkan penggiringan isu politis dalam pemecatan Eka. Mereka heran, kenapa isu itu yang malah dikemukakan ke publik. Padahal, ada pelanggaran disiplin yang dilakukan.

“Harusnya fokus dengan permasalahannya yaitu soal pelanggaran disiplin tenaga honorer. Kalau dikaitkan dengan politik, saya juga sebagai Kader PDIP justru suami saya menjabat sebagai Kadis Perhubungan Pemkab Tapteng,” ujar Camelia.

Dari keterangan inspektorat yang didapati mereka, Eka sebenarnya punya kesempatan untuk bekerja lagi jika mau menaati peraturan. Apalagi sampai mengaitkan pemecatan itu dengan politik.

“Masa kerjanya sebagai tenaga honorer tidak diperpanjang lagi akibat tidak disiplin, padahal bisa saja SK-nya diperpanjang kalau Eka bisa dibina,” ungkapnya.

3. Pengakuan Eka bikin geger

Honorer Dipecat, Fraksi PDIP Tapteng Sesalkan Penggiringan Isu PolitikMomen Masinton Pasaribu bertemu dengan Eka Myala Dewi, honorer Pemkab Tapteng yang dipecat diduga karena isu politisasi. (Instagram @masinton)

Dalam video itu, Masinton menemui Eka. Dia sendiri merupakan istri kerabat Masinton bernama Bisman yang menjabat sebagai Wakil Ketua Bidang Pemenangan Pemilu DPC PDI Perjuangan Tapteng.

Kepada Masinton Eka mengaku alasan pemecatan itu karena suaminya merupakan kader PDI Perjuangan. “Dua hari yang lalu diberhentikan, gara-gara suami di Parpol. Dianggap saya tidak netral. Karena katanya dekat dengan Masinton. Jadi diberhentikan,” kata Eka dalam video tersebut.

Bahkan kata Eka, Surat Keputusan (SK) pemberhetiannya juga tidak diserahkan kepada dirinya. Dia mengaku bekerja sebagai honorer sejak 2016.

Masinton berkunjung ke rumah Eka pada 30 Desember 2022. Saat itu dia hendak pulang ke Jakarta setelah melawat ke kampung halamannya di Tapteng. Masinton menjelaskan kembali duduk perkara pemecatan tersebut. Pada 28 Desember 2022, kata Masinton, Eka dipanggil dan diberhentikan secara paksa.

“Hanya karena suaminya ikut Parpol, dan berbeda sikap politik dengan pejabat struktural di Pemerintah Tapteng. Ini adalah praktek nyata bagaimana pejabat struktural di Pemerintahan Tapteng, terlibat dalam politik praktis yang seharusnya tidak boleh,” kata Masinton.

Bahkan Masinton menuding jika para pejabat struktural, mulai dari kepala dinas, hingga camat terlibat dalam politik praktis di Tapteng. Khususnya untuk Pemilu 2024 mendatang.  “Perilaku norak, primitif ini, bertentangan dengan semangat demokrasi,” ujarnya.

Dalam video itu, dia langsung meminta Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menindak tegas, para ASN tersebut.  

Baca Juga: Honorer Diduga Dipecat Karena Suami Kader PDIP, Ini Fakta Sebenarnya

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya