Dua Bunga Bangkai Ditemukan Mekar di Sumut Dua Pekan Terakhir

Lokasinya di Tapanuli Tengah dan Deli Serdang

Tapanuli Tengah, IDN Times – Fenomena langka mekarnya Bunga Bangkai atau Amorphophalus Titanium dalam nama latin terjadi di Sumatera Utara dalam dua pekan terakhir. Lokasinya terletak di Kabupaten Tapanuli Tengah dan Deli Serdang.

Bunga yang dilindungi sesuai Undang-undang nomor 5 tahun 1990 ini, ditemukan mekar dengan indah.

1. Di Tapanuli Tengah, Bunga Bangkai ditemukan saat ekspedisi Komantab

Dua Bunga Bangkai Ditemukan Mekar di Sumut Dua Pekan TerakhirBunga bangkai yang ditemukan tumbuh mekar di Tapteng (Dok Komantab)

Di Kabupaten Tapanuli Tengah, Bunga bangkai yang tengah mekar ditemukan saat Komunitas Menjaga Pantai Barat (Komantab) menggelar ekspedisi. Letaknya di kawasan perbukitan Rampa-Poriaha, Kecamatan Tapian Nauli, Sabtu (11/1).

“Saat itu kami sedang menggelar ekspedisi untuk memperingati hari lingkungan hidup. Sangat beruntung rasanya kami menemukan satu bunga yang sedang mekar sempurna," kata Koordinator Lapangan Ekspedisi Liman Tanjung, Minggu (12/1).

Kata Liman, penemuan Bunga Bangkai bisa menjadi indikasi jika alam di kawasan itu masih subur.

“Kami menemukannya di lereng perbukitan yang subur namun berbatu-batu, di tengah semak belukar," ungkapnya.

Baca Juga: Jadi Pengedar Narkoba, Kapolsek di Karo Akan Dipecat dan Dipidana

2. Bunga Bangkai kerap dipindahkan warga

Dua Bunga Bangkai Ditemukan Mekar di Sumut Dua Pekan TerakhirBunga bangkai yang ditemukan tumbuh mekar di Tapteng (Dok Komantab)

Ternyata bukan kali ini saja Bunga Bangkai di Tapteng. Sudah beberapa kali Bunga Bangkai tumbuh di sana. Namun sayang, warga kerap memindahkannya ke pinggir jalan.

"Selama ini kan sering dirusak, diangkat dan dipindahkan ke tepi jalan, semoga kedepan tidak terjadi lagi perusakan," ungkapnya.

Sekretaris Komantab Prima Pohan menyebut mereka akan terus melakukan ekspedisi di hutan. Mereka berharap bisa menjalin koordinasi yang baik dengan pihak terkait untuk pelestarian lingkungan.

"Terutama dengan pemilik lahan dimana bunga Bangkai tumbuh dan mekar, termasuk dengan pemerintah setempat, agar ada upaya-upaya lebih jauh untuk menjaganya," kata Prima Pohan.

3. Bunga Bangkai juga ditemukan di lahan milik warga di Karo

Dua Bunga Bangkai Ditemukan Mekar di Sumut Dua Pekan TerakhirBunga bangkai yang ditemukan tumbuh mekar di Kabupaten Deli Serdang (Istimewa)

Sebelumnya bunga yang cukup langka itu juga mekar di Desa Tambunan, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.

Yudha Pohan, warga sekitar mengatakan, bunga bangkai itu tumbuh di sekitar kebun milik warga. Arif Liasta Ginting, pemilik lahan menemukannya pada Jumat (3/1).

Yudha mengatakan jika bunga bangkai langka itu terjadi saat Arif hendak membersihkan lahannya. “Kami sempat kaget ada Bunga Bangkai yang mekar di sana. Tingginya sekitar 1,4 meter," jelasnya.

Untuk diketahui, bunga bangkai jenis Amorphophallus titanium saat ini berstatus terancam punah. Tanaman ini masuk ke dalam suku talas-talasan endemik Pulau Sumatera. Bahkan saat mekar tingginya bisa mencapai 4 meter.

Baca Juga: Paus Bungkuk yang Terombang-ambing di Perairan Asahan Ditemukan Mati

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya