Comscore Tracker

Diresmikan Luhut, Grab Berplat Kuning Mengaspal di Bandara Kualanamu

Berpotensi rangkul taksi online plat hitam

Deli Serdang, IDN Times - Suara sirine di Bandara Kualanamu, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara menandai awal diresmikannya taksi online di Bandara. Secara bersamaan taksi online juga akan beroperasi di enam bandara lainnya di Pulau Sumatera.

Menteri Kooordinasi Maritim Luhut Binsar Panjaitan yang langsung meresmikannya. Bersama beberapa pejabat dari Kementerian Perhubungan hingga Gubernur Sumatera Utara Edy Rahamayadi. Lalu diikuti juga oleh Grab sebagai vendor Taksol yang bekerjasama dengan Angkasa Pura II.

1. Enam bandara lainnya juga sudah bisa diakses taksi online plat kuning

Diresmikan Luhut, Grab Berplat Kuning Mengaspal di Bandara KualanamuIDN Times/Prayugo Utomo

Selain Kualanamu, Grab juga beroperasi di enam bandara lainnya. Antara lain, Bandara Silangit di Tapanuli Utara, Sultan Badaruddin II di Palembang, Radin Inten II Lampung, Minangkabau Padang, Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru dan Silampari Lubuklinggau.

Grab berkomitmen memberikan transportasi yang aman dan nyaman. Serta dengan harga yang juga tidak bikin kantong jebol.

Baca Juga: Grab Promosikan Kuliner Khas Medan Lewat Menu Khusus Grab Food

2. Luhut ingin kunjungan wisata terus meningkat

Diresmikan Luhut, Grab Berplat Kuning Mengaspal di Bandara KualanamuIDN Times/Prayugo Utomo

Kata Luhut, peresmian ini juga membuat pemerintah optimis dengan peningkatan kunjungan ke destinasi wisata di Sumut. Karena akses transportasi para turis dari bandara menjadi lebih mudah.

“Saya kira ini akan memberikan dampak yang bagus. Misalnya tujuan wisata ke Danau Toba yang tadinya kita masih pusing mikiri maslaah angkutan, dengan adanya grab di sana masalahnya sudah banyak berkurang,” ujarnya usai peluncuran.

“Meskinya lebih banyak wisatawan. Promosi di luar negeri sudah bagus. Di dalam negeri yang masih kurang,” imbuhnya.

Saat ini pemerintah sudah melakukan evaluasi terhadap empat destinasi superprioritas mereka yakni, Danau Toba, Borobudur, Mandalika dan Labuhan Bajo. “Nanti akan kita perbaiki terus kualitasnya untuk memberikan kenyamanan bagi turis yang datang,” ujarnya.

3. Soal protes taksi konvensional bakal diselesaikan perlahan

Diresmikan Luhut, Grab Berplat Kuning Mengaspal di Bandara Kualanamurappler.com

Kehadiran Grab di Kualanamu membuat protes sejumlah taksi konvensional. Luhut mengatakan, masalah ini harus dicarikan solusinya.

“Nanti pelan-pelan mungkin akan menyesuaikan disini,” ungkapnya.

4. Grab jadi vendor pertama yang bekerjasama dengan AP II

Diresmikan Luhut, Grab Berplat Kuning Mengaspal di Bandara KualanamuIDN Times/Prayugo Utomo

Masuknya Grab ke tujuh bandara yang ada di Sumatera membuat aplikator ini menjadi vendor aplikator pertama yang bekerjasama dengan PT Angkasa Pura II.

President of Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata mengatakan, ini merupakan bentuk nyata mereka dalam mempromosikan pariwisata Indonesia. Mereka juga menawarkan pengalaman berwisata yang aman dan nyaman.

“Dengan Iayanan transportasi yang mudah, rekomendasi wisata dan makanan lokal dan keuntungan Iainnya yang dapat dinikmati wisatawan; Selain itu kami berharap dengan kehadiran Iayanan GrabCar Airport kami bisa meningkatkan perekonomian warga termasuk meningkatkan pendapatan mitra pengemudi Grab di kota-kota ini,” ungkapnya.

5. Bakal rangkul taksi konvensional di bandara

Diresmikan Luhut, Grab Berplat Kuning Mengaspal di Bandara Kualanamuwikimedia.org

Saat ini sudah 84 armada yang mengaspal di Kualanamu. Armada yang digunakan berplat kuning sesuai regulasi dari Kementerian Perhubungan.

Namun kata Ridzki, pihaknya bakal terus melakukan analisis pasar. Jika pasarnya bagus, tak menutup kemungkinan armadanya bertambah. Mereka juga bakal merangkul taksi konvensional yang beroperasi di seputar bandara.

“Mungkin ke arah ratusan. Tentunya ada upgrade kendaraan, karena kita fokusnya adalah kualitas, keamanan dan keselamatan,” pungkasnya.

Baca Juga: Sopir Taksi Online Tabrak Pengendara Motor hingga Tewas

Topic:

  • Doni Hermawan

Just For You