Densus 88 Dikabarkan Beraksi di Sumut, Sejumlah Orang Dijemput

Belum ada keterangan resmi dari Mabes Polri

Medan, IDN Times – Detasemen Khusus (Densus) 88 Anti Teror Mabes Polri dikabarkan tengah melakukan rangkaian penindakan di Sumatra Utara, Kamis (16/12/2021). Sejumlah orang dari beberapa lokasi dikabarkan dijemput oleh personel Densus 88.

Rangkaian penindakan diketahui salah satunya dilakukan di Lingkungan XVIII, Kelurahan Mangga, Kecamatan Medan Tuntungan, Kota Medan. Satu orang laki-laki berinisial D dikabarkan dijemput oleh Densus 88.

1. Densus 88 juga melakukan penggeledahan

Densus 88 Dikabarkan Beraksi di Sumut, Sejumlah Orang DijemputIlustrasi. Densus 88 geledah kantor di Suryodiningratan Yogyakarta. IDN Times/Tunggul Damarjati

Kepala Lingkungan XVII, Kelurahan Mangga Yuda Prabowo mengatakan, dirinya sebelumnya dihubungi oleh petugas. Petugas  juga melakukan penggeledahan di salah satu rumah warganya. Ada belasan petugas yang datang dengan sejumlah mobil.

“Dari petugas bilang ada penggeledahan di Jalan Kapas Raya dan saya datang untuk mendampingi petugas dan menggeledah rumah di lingkungan XVIII," kata Yuda, Kamis (16/12/2021) petang.

Petugas melakukan penggeledahan sekitar pukul 05.00 WIB. Mereka menggunakan pakaian sipil. Dari dalam rumah yang dihuni D, petugas juga membawa sejumlah barang. Mulai dari handphone, buku rekening dan beberapa barang lainnya.

2. Warga yang dibawa Densus 88 dikenal aktif bersosialisasi

Densus 88 Dikabarkan Beraksi di Sumut, Sejumlah Orang DijemputIlustrasi Garis Polisi (IDN Times/Arief Rahmat)

Kata Yuda, warganya yang dibawa oleh Densus 88 dikenal aktif bersosialisasi dengan masyarakat. Sudah lebih dari dua tahun mereka tinggal di sana.

Sehari-hari, D dikenal bekerja sebagai penjual madu. Yuda pun tidak menaruh kecurigaan apapun terhadap D.

3. Polisi belum memberikan keterangan resmi

Densus 88 Dikabarkan Beraksi di Sumut, Sejumlah Orang DijemputIlustrasi garis polisi (IDN Times/Rohman Wibowo).

Densus 88 juga dikabarkan melakukan penjemputan di Kabupaten Langkat. Salah satu yang dijemput diketahui berinisial MNA (46). Laki-laki yang berprofesi guru ini dibawa dari kediamanya di Lingkungan III Sei Mati, Kelurahan Paya Mabar, Kecamatan Stabat, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, sekitar pukul 05.05 WIB.

Belum ada keterangan resmi dari kepolisian terkait penangkapan sejumlah orang di beberapa titik di Sumut. Belum diketahui, apakah penangkapan dan penggeledahan rumah yang dilakukan terkait tindak pidana terorisme. Kepala Divisi Humas Mabes Polri Irjen Dedi Prasetyo yang dihubungi melalui pesan singkat dan telepon tidak memberikan jawaban kepada IDN Times.

Baca Juga: Seorang Warga Langkat Dijemput Densus 88 Usai Subuh 

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya