Catat Tanggalnya, Ini 4 Event Budaya di Sumut yang Masuk KEN 2023

Jangan sampai gak hadir yah

Medan, IDN Times – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif belum lama ini meluncurkan Karisma Event Nusantara (KEN) 2023. Di dalamnya berisi jadwal event pariwisata dari berbagai daerah di Indonesia.

Ada empat even di Sumatra Utara yang masuk ke dalam KEN 2023. Bahkan salah satunya masuk dalam Top 10 KEN 2023.

Simak nih jadwalnya guys.

1. Lihat penampilan musisi ternama di Samosir Music International

Catat Tanggalnya, Ini 4 Event Budaya di Sumut yang Masuk KEN 2023Instagram.com/samosirmusicint.official

Even tahunan Samosir Music International akan digelar kembali di Samosir. Even music ini akan digelar pada 25-26 Agustus 2023.

Di tahun-tahun sebelumnya, even ini berhasil menyedot ribuan pasang mata. Bahkan wisatawan mancanegara juga ikut hadir dalam acara musik yang menghadirkan berbagai artis. Baik lokal hingga international. Di tahun keenamnya, even SMI 2023 juga masuk ke dalam Top Ten KEN 2023.

2. Melihat kayanya pertanian Tanah Karo Simalem di festival bunga dan buah

Catat Tanggalnya, Ini 4 Event Budaya di Sumut yang Masuk KEN 2023Festival Bunga dan Buah di Karo berhasil menyedot wisatawan. (Dok: Diskominfo Sumut)

Tidak salah karo ditasbihkan sebagai daerah yang kaya dengan hasil pertanian. Buah-buahan dan sayurannya menjadi produk andalan.

Jika kalian ingin melihat betapa kayanya hasil pertanian Tanah Karo Simalem, jangan lupa datang ke Festival Bunga dan Buah. Rencananya even ini akan digelar pada 2-4 Juni 2023.

Pada tahun-tahun sebelumnya, selain hasil pertanian, even ini akan menampilkan berbagai atraksi kebudayaan, pameran UMKM dan pertunjukan musik. Pada 2022, festival berhasil menyedot sekitar 40 ribu wisatawan.

3. Menilik keindahaan wastra lewat Festival Ulos dan Fashion

Catat Tanggalnya, Ini 4 Event Budaya di Sumut yang Masuk KEN 2023Ilustrasi UMKM: Perajin ulos di Desa Meat, Kecamatan Tampahan, Kabupaten Toba. (IDN Times/Prayugo Utomo)

Yang tidak boleh dilupakan saat berkunjung ke kawasan Danau Toba adalah ulos. Produk wastra yang hingga kini terus dilestarikan.

Dalam KEN 2023, Festival Ulos dan Fashion menjadi salah satu event unggulan. Even ini akan digelar pada 30 Juni-1 Juli 2023 di Kecamatan Muara, Tapanuli Utara.

Festival ini akan menampilkan berbagai ulos hingga cara pembuatannya. Sebagai upaya memperkenalkan ulos ke mata dunia.

4. Melihat keragaman budaya di Kota Medan lewat Gelar Melayu Serumpun 2023

Catat Tanggalnya, Ini 4 Event Budaya di Sumut yang Masuk KEN 2023Istana Maimun menjadi salah satu objek wisata favorit di Kota Medan. Istana ini merupakan bukti kebesaran Kesultanan Deli (IDN Times/Prayugo Utomo)

Pada 2022, even ini dibuka langsung oleh Menteri Parekraf Sandiaga Salahuddin Uno. Tahun ini, Gelar Melayu Serumpun kembali digelar di Istana Maimun pada 30 Mei 2023-2 Juni 2023.

Even ini menjadi sarana edukasi mengenai kebudayaan Melayu yang harus terus dilestarikan mengingat budaya melayu merupakan etnis asli di Kota Medan. Selain itu, even ini juga menampilkan kebudatyaan berbagai etnis yang ada di Sumatra Utara.

Baca Juga: 24 Jam di Sabang, Ini 5 Tempat Menarik yang Bisa Kamu Datangi

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya