Bupati Labuhanbatu Dilantik, Edy Rahmayadi Ingatkan Tidak Korupsi

Percepatan serapan anggaran daerah harus dilakukan

Medan, IDN Times –  Bupati Labuhanbatu Erik Adtrada Ritonga dan Wakilnya Ellya Rosa Siregar dilantik oleh Gubernur Sumatra Utara Edy Rahmayadi, Senin (13/9/2021). Edy meminta agar keduanya dapat mempercepat serapan anggaran daerah.

Saat ini serapan di daerah itu masih 38 persen dari anggaran yang ada. Padahal, sisa empat bulan lagi akan menutup tahun anggaran

"Kabupaten Labuhanbatu baru 38,5 persen, masih sangat jauh, yang harusnya September itu sudah berada di 60 persen atau 70 persen, untuk itu harus kerja keras bupati," ujar Edy.

1. Penyerapan anggaran memengaruhi angka inflasi

Bupati Labuhanbatu Dilantik, Edy Rahmayadi Ingatkan Tidak KorupsiGubernur Sumut Edy Rahmayadi saat melantik Bupati Labuhanbatu Erik Adtrada Ritonga dan Wakilnya Ellya Rosa Siregar, Senin (13/9/2021). (Dok Diskominfo Sumut)

Edy menekankan pentingnya serapan anggaran. Lantaran, penyerapan anggaran mempengaruhi perputaran uang di daerah. Begitu juga dengan inflasi.

"Anda (bupati/wakil bupati) tak bisa bekerja sendiri sendiri, harus kompak dengan Forkopimda sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya, sehingga penyerapan anggaran cepat tercapai," kata Edy Rahmayadi.

Baca Juga: 5 Tempat Wisata di Labuhanbatu, Alamnya Eksotis dan Indah!

2. Edy juga mengingatkan supaya bupati tidak korupsi

Bupati Labuhanbatu Dilantik, Edy Rahmayadi Ingatkan Tidak KorupsiBupati Labuhanbatu Erik Adtrada Ritonga dan Wakilnya Ellya Rosa Siregar dilantik oleh Gubernur Sumatra Utara Edy Rahmayadi, Senin (13/9/2021).

Edy juga berpesan agar keduanya menyelaraskan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Labuhanbatu dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN). Meski memang kepentingan di kabupaten memiliki prioritas tersendiri.

Selain itu, Edy berpesan kepada keduanya agar bekerja sesuai dengan aturan. “Jangan memperkaya orang lain, memperkaya diri sendiri dan menggunakan tanpa mempertanggungjawabkan kekayaan negara, " ujarnya.

3. Bupati Labuhanbatu berkomitmen segera mempercepat serapan anggaran

Bupati Labuhanbatu Dilantik, Edy Rahmayadi Ingatkan Tidak KorupsiBupati Labuhanbatu Erik Adtrada Ritonga dan Wakilnya Ellya Rosa Siregar dilantik oleh Gubernur Sumatra Utara Edy Rahmayadi, Senin (13/9/2021). (Dok Diskominfo Sumut)

Bupati Labuhanbatu Erik Adtrada Ritonga menyampaikan, akan bersinergi dengan semua pihak untuk mempercepat serapan anggaran.

"Setibanya saya di Labuhanbatu, saya akan kumpulkan semua OPD (Pemkab Labuhanbatu) untuk bagaimana mendongkrak anggaran, bagaimanapun empat bulan adalah waktu yang singkat, harapan saya OPD dan stakeholder bersinergi untuk membangun Labuhanbatu yang kita cintai, " kata Erik.

Baca Juga: Data COVID-19 Sumut Diakui Kacau, Gubernur Edy: Capek Sekali

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya