Bertolak ke Afrika dari Kualanamu, Jokowi Bawa Spirit Bandung 1955

Bakal hadiri KTT BRICS

Medan, IDN Times – Usai melakukan kunjungan kerjanya di Sumatra Utara, Presiden Joko Widodo langsung bertolak ke Afrika, Minggu (20/8/2023).

“Saya dengan delegasi terbatas akan bertolak menuju ke Afrika. Kami akan berkunjung ke empat negara,” ujar Jokowi di Bandara Internasional Kualanamu, Kabupaten Deliserdang.

1. Ini merupakan kunjungan pertama Jokowi ke Afrika

Bertolak ke Afrika dari Kualanamu, Jokowi Bawa Spirit Bandung 1955Pesawat Kepresidenan Republik Indonesia sudah mendarat di Bandara APT Pranoto Samarinda Kaltim, Selasa (24/8/2021). Foto istimewa

Empat negara yang akan dikunjungi Jokowi dan rombongan antara lain; Kenya, Tanzania, Mozambik dan Afrika Selatan.

“Ini merupakan kunjungan pertama saya sebagai presiden ke kawasan Afrika,” ungkapnya.

Baca Juga: Jokowi Tunda ke Afrika Demi Buka Muktamar IPM di Medan

2. Ingat sejarah Konferensi Asia Afrika di Bandung

Bertolak ke Afrika dari Kualanamu, Jokowi Bawa Spirit Bandung 1955Museum Konferensi Asia-Afrika (kemlu.go.id/Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia)

Kunjungan ini, kata Jokowi sekaligus mengingat sejarah. Karena Indonesia adalah penggagas dan tuan rumah Konferensi Asia Afrika pad  1955, di Bandung, Jawa Barat.

“Indonesia juga berperan penting dalam  melahirkan gerakan non-blok saat itu dan spirit Bandung inilah yang akan saya bawa dalam kunjungan ke Afrika dengan memperkokoh solidaritas dan kerjasama di antara negara-negara Global South,” ungkapnya.

Saat ini, Kenya dan Tanzania sudah memiliki kedutaan besar di Jakarta. Kemudian, Mozambik dan Tanzania merupakan negara Afrika pertama yang memiliki Prefential Trade Agreement (PTA) dengan Indonesia. PTA merupakan perjanjian internasional dengan keanggotaan terbatas dan bertujuan untuk mengamankan atau meningkatkan akses pasar masing-masing negara yang berpartisipasi.

3. Jokowi akan hadiri KTT BRICKS di Afrika Selatan

Bertolak ke Afrika dari Kualanamu, Jokowi Bawa Spirit Bandung 1955Potret pemimpin negara anggota BRICS (twitter.com/PMOIndia)

Kata Jokowi, Indonesia juga diundang dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) BRICS. BRICS sendiri merupakan akronim dari Brazil, Rusia, India, China dan South Africa. Forum ini adalah pertemuan para pemimpin negara anggota BRICS.

“tentunya di sela-sela KTT BRICS akan dilakukan berbagai pertemuan bilateral dengan kepala kepala negara yang lainnya. Insya Allah saya dan rombongan akan tiba kmbali di tanah air tanggal 25 Agustus,” pungkas Jokowi.

Baca Juga: 3 Agenda Kunjungan Kerja Presiden Jokowi di Medan Hari Ini

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya